Ubuntu Mulai Debutnya di Pasar Smart TV

TV sudah menjadi trend saat ini, mulai dari dua raksasa internet Google dan Apple yang telah meluncurkan smart TV mereka. Kini sistem operasi Ubuntu yang dikembangkan Canonical juga telah meluncurkan Smart TV yang dipamerkan dalam ajang CES Internasional 2012.

Smart TV yang dijuluki Ubuntu TV ini menjalankan user interface Unity yang memang sudah menjadi UI standar di setiap Ubuntu versi terbaru. Lalu apa fitur unggulan yang ditawarkan Ubuntuk dalam Smart TV nya?, “kami memfokuskan membuat televisi yang intuitif, dan bisa bermanfaat lagi, dengan user interface tunggal dan sederhana” ungkap Jane Silber, CEO Canonical.

Intinya adalah pengguna dapat menikmati layanan yang terintegrasi antara layanan televisi via satelit, kabel dan broadcast pada umumnya seperti mendengarkan lagu, menonton film, browsing YouTube, menyewa, membeli film ataupun lagu dan mencari konten-konten yang disediakan dengan user interface yang lebih sederhana. Selain itu Ubuntu TV juga menghadirkan pengalaman televisi secara modern dengan ketersediaan fitur rekam dan putar.

Fitur lainnya adalah kemampuan berbagi layar dengan piranti berbeda yang menggunakan sistem operasi iOS dan Android melalui software yang telah terpasang. Canonical juga menyediakan layanan Ubuntu One, yaitu sebuah jasa personal cloud bagi pengguna di piranti iOS, Android dan juga Ubuntu agar tetap dapat menikmati konten digital seperti musik video dan foto.

Jane Silber juga berharap agar Ubuntu TV dapat menjadi alternatif di pasaran TV, dan banyak perusahaan yang akan memproduksi TV ini nantinya.

One thought on “Ubuntu Mulai Debutnya di Pasar Smart TV”

Leave a Reply

Your email address will not be published.