Sistem Operasi Baru Open WebOS 1.0 Akan Hadir Bulan September

Setelah Desember 2011 lalu HP mengumumkan bahwa sistem operasinya WebOS menjadi open source, kini mereka mengumumkan detil kapan dan bagaimana pengembang akan mendapatkan akses kode sistem operasi baru tersebut.

Dilaporkan oleh TheVerge, Kamis (25/01/12) perusahaan mengharapkan seluruh proses open sourcing akan selesai pada bulan September dengan nama Open WebOS 1.0, sementara itu kode framework aplikasi Enyo yang mendasari sistem operasi WebOS 3.0 pada TouchPad sendiri sudah dirilis ke developer mulai hari ini.

HP berencana akan malakukan rilis update Open WebOS setiap bulan sampai 6-7 bulan mendatang hingga sistem operasi ini akan siap diluncurkan pada bulan 9. Peruahan paling besar pada Open WebOS adalah menggunakan standar kernel Linux secara total, sehingga membuatnya jauh lebih mudah untuk disesuaikan ke berbagai hardware.

Selain itu WebOS juga akan menggunakan lisensi Apache 2.0 untuk memudahkan dan menyederhanakan pengembangannya serta penyeberannya kepada pihak ketiga. Menurut HP, Apache menyediakan framework legal yang menyeimbangkan antara inovasi dan user experience yang dapat diandalkan, sesuai dengan visi HP untuk WebOS.

Versi Open WebOS pertama akan mulai tersedia untuk developer yang menggunakan HP TouchPad beberapa bulan mendatang, sedangkan bagi para user mulai bisa menggunakan setelah rilis resminya. HP juga mengatakan bahwa Open WebOS juga akan kompatibel dengan seluruh perangkat berbasis WebOS, termasuk produk lawas HP.

One thought on “Sistem Operasi Baru Open WebOS 1.0 Akan Hadir Bulan September”

Leave a Reply

Your email address will not be published.