Bocoran Tampilan UI Photoshop CS6 Bernuansa Gelap

Versi Adobe Photosohop CS6 yang akan segera dirilis memiliki perubahan yang cukup menonjol, terlihat pada video bocoran tampilannya yang diberi judul “Sneak Peek#1“, diupload di YouTube oleh saluran resmi Photoshop beberapa hari lalu.

Dalam video tersebut senior produk manager Bryan O’Neil Hughes memperlihatkan bagaimana ia mengedit gambar menara Eiffel pada Adobe Camera Raw 7 di Photoshop CS6 dengan tool-tool yang baru. Kemudian setelah mendemokan area kerja Camera Raw, Hughes kembali ke area kerja Photoshop CS6 dimana jelas terlihat perbedaan yang sangat menonjol dari versi sebelumnya. Perbedaan itu adalah dimana User Interface area kerja Photoshop CS6 bernuansa gelap yakni abu-abu tua.

Dikutip dari Mashable, Senin (30/1/12), nuansa gelap sebagai tampilan default pada UI CS6 ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman lebih mendalam bagi pengguna, “Agar pengguna dapat fokus pada gambar dan bukan pada antarmuka itu sendiri” kata Hughes. Selain itu UI yang bernuansa gelap ini juga berasal dari keinginan untuk tampil lebih seragam dengan perangkat lunak Adobe lainnya seperti Lightroom.

Namun bagi para pengguna yang belum terbiasa dengan tampilan UI yang baru pada Photoshop CS6 ini, terdapat pilihan untuk mengganti theme area kerja mulai dari warna yang paling terang seperti pada CS5 sampai ke yang paling gelap mendekati warna hitam.

Pada akhir video Hughes juga menunjukkan fitur baru yang disebut “rich cursor support” yang menampilkan informasi diamter brush, hardness dan opacity secara cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.