Sebentar Lagi Bisa ber-wi-fi Selama Penerbangan

Selama ini para penumpang sering bosan selama waktu penerbangan, namun hal itu nampaknya tidak akan terjadi lagi. Layanan Wi-Fi selama penerbangan akan segera diterapkan oleh badan usaha milik negara di bidang penerbangan, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, 2012 mendatang.

Dikutip dari Tempo interaktif, Direktur Utama Garuda Emirsyah Satar Selasa (29/11/11) kemarin menyatakan, “Nanti akan dipasang pada 8 pesawat baru kami yang akan datang pada tahun depan”. Namun untuk merealisasikan hal tersebut, perseroan akan mengeluarkan dana yang sangat besar, untuk satu pesawat saja dilansir dana yang dibutuhkan mencapai US $100.000.

Saat ini pihak Garuda sedang mengkomunikasikan rencana inovatif tersebut dengan Kementrian Perhubungan selaku regulator. Namun tampaknya sedikit mengalami kendala karena terganjal dengan UU Nomor 1/2009 tentang penerbangan bahwa pengoperasian alat komunikasi untuk publik tidak bisa dilakukan dalam pesawat terbang, tetapi Satar berkata “Fasilitas ini bukan untuk komunikasi bicara tapi untuk mengirim SMS dan Email”.

Pihak Garuda juga mengatakan tidak akan ada tambahan biaya bagi penumpang. Dengan adanya fasilitas Wi-Fi selama waktu penerbangan nantinya diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dan keleluasaan bagi penumpang Garuda. Tidak menutup kemungkinan maskapai lain juga akan menerapkan hal yang sama seiring dengan perkembangan teknologi.

One thought on “Sebentar Lagi Bisa ber-wi-fi Selama Penerbangan”

Leave a Reply

Your email address will not be published.