Adobe Hentikan Pengembangan Flash Perangkat Mobile

Berita mengejutkan baru saja hadir dari Adobe, mereka menyatakan bahwa tidak lagi mengembangkan Adobe Flash Player untuk perangkat mobile. Perusahaan mengatakan bahwa mereka akan memfokuskan pengembangan masa depan pada HTML 5 dan aplikasi mobile.

Dalam posting blog resminya, Vice President & General Manager Interactive Development Adobe, Danny Winkour melihat peluang HTML 5 yang didukung oleh semua perangkat mobile utama, “ini menjadikannya solusi terbaik untuk membuat dan menghadirkan konten di browser pada semua platform mobile” tulisnya.

Memang selama ini Flash untuk mobile hanya banyak digunakan pada handset berbasis Android, namun semua gadget populer seperti Apple, iPhone hingga iPad tidak mendukung Flash dan lebih memilih HTML 5. Keputusan Adobe ini merupakan berita baik bagi pengguna Apple ataupun pendukung HTML 5 lainnya seperti FOSS (Free and Open Source Software) sebagai masa depan perangkat mobile. Meskipun begitu, Android nampaknya harus dipaksa untuk mengadopsi HTML 5, dalam rangka menjangkau pertumbuhan pengguna perangkat mobile.

Untuk kedepannya Flash perangkat mobile akan difokuskan pada membuat pengembang Flash memaket aplikasi bawaan dengan Adobe AIR untuk semua pasar utama aplikasi, sehingga tidak lagi mengimplementasikan pemutar Flash untuk perangkat mobile ke browser yang baru, OS ataupun ke dalam konfigurasi perangkat. Beberapa dari lisensi kode sumber mengijinkan untuk melanjutkan pengembangan dan mengeluarkan implementasi sendiri, Flash menyatakan bahwa mereka tetap akan melanjutkan dukungan ke konfigurasi Android dan Playbook yang sekarang dengan perbaikan bug dan update keamanan.

Winkour juga menambahkan pihaknya akan berjanji untuk bekerja sama dengan Google, Apple, Microsoft, RIM dan lainnya untuk mendorong inovasi pada HTML 5, sehingga Flash akan memasuki pasar yang lebih eksklusif seperti game 3D, premium video dan corporations’ in-house.

About the Author

has written 175 stories on this site.

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

Isi dan komentar tanggung jawab masing masing pengirim. Gambar yang ditampilkan dalam artikel tidak selamanya mencerminkan isi artikel atau produk .Hanya dipakai sebagai Ilustrasi berita.





Web Security Made Easy         > | © 2009   > Hosted by : Web Developer Jogja | MDU MariaDB Community |
2019 | kabarIT.com. All rights reserved.
KabarIT merupakan techno blog yang menyajikan informasi seputar IT yang hangat dan menarik. Isi dan komentar tanggung jawab masing-masing komentar. Selengkapnya...