Tatto Sebagai Pemantau Kesehatan di Masa Depan

Seorang insinyur dari Universitas Illinois hari ini meluncurkan sebuah jurnal mengenai ‘tatto’ kulit elektronik. Tatto ini dapat dipasang pada jenis kulit apa saja bahkan elastis. Tatto ini sebenarnya merupakan sebuah platform yang didalamnya terdapat perangkat elektronik, diagnosa medis, dan komunikasi sebagai mesin interface yang dibuat dengan sangat tipis dan tahan lama untuk dipasang pada kulit seperti tatto temporer.

Tim pembuat tatto elektronik ini menunjukkan berbagai komponen yang ada didalamnya seperti LED, transistor, antena nirkabel, sensor, gulungan konduktif dan sel surya untuk listrik. “Kami menggunakan segala komponen elektronik yang ada untuk pembuatan platform tersebut, dan kemudian menambahkan beberapa ide baru lainnya untuk menunjukkan bahwa kita bisa membuatnya bekerja,” kata profesor teknik John A. Rogers dalam jurnal pengetahuan.

Tatto ini diuji coba untuk melacak saraf dan otot dengan sensor EEG dan EMG. Komponen komponen yang ada dipasang pada lembaran plastik tipis yang larut dalam air, sebelum dilaminasi pada kulit dengan air. Tatto ini bahkan dapat diselipkan dibawah tatto temporer. Para peneliti berharap untuk segera menambahkan kemampuan WiFi pada penemuan mereka, tatto elektronik ini akan terus dikembangkan sebagai alat pemantau kesehatan di masa depan.

About the Author

has written 175 stories on this site.

2 Comments on “Tatto Sebagai Pemantau Kesehatan di Masa Depan”

  • rudi pakenton wrote on 12 August, 2011, 13:56

    wah, ngeri . .. . .. jdi bisa dilacak keberadaan segala gak deng alat itu?

  • xamthone wrote on 29 October, 2011, 5:01

    makasih infonya yah

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

Isi dan komentar tanggung jawab masing masing pengirim. Gambar yang ditampilkan dalam artikel tidak selamanya mencerminkan isi artikel atau produk .Hanya dipakai sebagai Ilustrasi berita.





Web Security Made Easy         > | © 2009   > Hosted by : Web Developer Jogja | MDU MariaDB Community |
2019 | kabarIT.com. All rights reserved.
KabarIT merupakan techno blog yang menyajikan informasi seputar IT yang hangat dan menarik. Isi dan komentar tanggung jawab masing-masing komentar. Selengkapnya...