Mozilla Bangun Sistem Operasi Mobile

Mozilla mengungkapkan rencananya untuk menggunakan mesin Gecko, yang mengubah browser Firefox menjadi sebuah sistem operasi open source yang dapat bekerja pada ponsel dan tablet. Menurut Andreas Gal seorang peneliti Mozilla, source code akan dirilis ke publik secara real time, “kami akan melakukan pekerjaan ini secara terbuka, kami akan merilis sumber secara real time, dan kami akan melacak setiap perubahan yang keluar dari proses tersebut. Kami akan mencoba sistem aplikasi ini berjalan di web tidak hanya di Firefox” imbuhnya.

Mike shaver wakil presiden Mozilla strategi teknis, juga mengatakan bahwa Boot ke aplikasi Gecko tidak akan menggunakan SKD Android, tetapi menjalankan sesuatu yang baru dan aplikasi Web API. Dia juga mengidentifikasi empat area untuk pembangunan, salah satunya adalah Web baru API, dengan “membangun prototipe API untuk mengekspos perangkat dan kemampuan OS untuk menjalankan sebuah konten”. Hal ini adalah bagaimana nantinya sistem operasi ini akan mendukung fitur fitur penting mobile saat ini, seperti telepon, SMS, kamera, USB, Bluetooth, dan bidang chip. Area kedua adalah membangun dan mengembangkan model privileges atau hak istimewa, yang merupakan kunci keamanan untuk memastikan fitur fitur baru aman untuk dijalankan.

Boot ke Gecko akan mencakup bahasa pemrograman Android tingkat rendah untuk kernel dan dukungan driver agar sistem operasi ini dapat berjalan pada perangkat android. Dibalik gagasan pembuatan sistem operasi Mozilla ini adalah menciptakan suatu sistem, dimana aplikasi web dapat berjalan dengan baik layaknya sebuah aplikasi destkop seperti yang dilakukan iOS pada perangkat Applenya. Mozilla juga akan menggunakan perangkat Tegra 2 untuk audio dan format videonya.

Proyek ini akan dimulai dengan menjalankan Firefox untuk Android dengan sebagai homescreen, dengan beberapa kostum API. Gal juga mengatakan dalam sebuah posting di forum bahwa tujuan akhir dari proyek ini adalah “untuk melanggar cengkraman teknologi propietary di dunia perangkat mobile”.

About the Author

has written 175 stories on this site.

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

Isi dan komentar tanggung jawab masing masing pengirim. Gambar yang ditampilkan dalam artikel tidak selamanya mencerminkan isi artikel atau produk .Hanya dipakai sebagai Ilustrasi berita.





Web Security Made Easy         > | © 2009   > Hosted by : Web Developer Jogja | MDU MariaDB Community |
2020 | kabarIT.com. All rights reserved.
KabarIT merupakan techno blog yang menyajikan informasi seputar IT yang hangat dan menarik. Isi dan komentar tanggung jawab masing-masing komentar. Selengkapnya...