Google Plus (Google+) Saingan Baru Facebook

Persaiangan antara dua raksasa internet Facebook dan Google semakin memanas, layanan jejaring social Google yaitu Google Plus (Google+) mulai diuji coba untuk umum, Google Plus sebenarnya adalah usaha Google Inc yang kesekian kalinya dalam melawan Facebook yang terlebih dahulu berkuasa di ranah jejaring social setelah sebelumnya telah meluncurkan Google Wave, Google Buzz dan Orgut, namun hal tersebut sepertinya belum memuaskan karena respon pengguna internet yang sangat minim dan nampaknya lebih setia pada Facebook dibandingkan menggunakan produk produk Google tersebut.

Seperti dikutip dari Bangkok Post, engineer senior Google, Vic Gundotra mengatakan “Kami ingin memperbaiki pengalaman berbagi di internet sebelumnya”. Google Plus memiliki fitur yang hampir sama dengan Facebook dimana penggunanya dapat menulis status, mengunggah foto dan tautan. Namun menurut Gundotra Google Plus memiliki kelebihan yakni dapat memisahkan anggota di jejaringnya dengan kelompok kelompok tertentu seperti kelompok keluarga, kelompok kerja dan rekan kerja sesuai kepentingan masing masing.

Peluncuran Google Plus (Google+) akan menjadi pertaruhan Google untuk masuk dalam pertarungan jejaring sosial. Namun New Yorks Time menulis sepertinya Google Plus terlambat untuk bersaing dalam jejaring sosial, dan menurut datacomStore sebanyak 180 juta orang mengunjungi situ Google termasuk Youtube. Angka ini memang lebih besar dibandingkan dengan pengunjung Facebook yang mencapai 157,2 juta orang, akan tetapi Facebooker rata rata menghabiskan waktu 375 menit yang lebih banyak jika dibandingkan dengan pengunjung Google yang hanya menghabiskan waktu 231 menit untuk mengunjungi situsnya.

Bagaimana kelanjutan Google Plus di kancah jejaring sosial? Apakah dapat mengalahkan Facebook yang terus berbenah dan melengkapi fitur fiturnya? Kita lihat saja kelanjutanya.

About the Author

has written 175 stories on this site.

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

Isi dan komentar tanggung jawab masing masing pengirim. Gambar yang ditampilkan dalam artikel tidak selamanya mencerminkan isi artikel atau produk .Hanya dipakai sebagai Ilustrasi berita.





Web Security Made Easy         > | © 2009   > Hosted by : Web Developer Jogja | MDU MariaDB Community |
2019 | kabarIT.com. All rights reserved.
KabarIT merupakan techno blog yang menyajikan informasi seputar IT yang hangat dan menarik. Isi dan komentar tanggung jawab masing-masing komentar. Selengkapnya...