Google Menampilkan Peringatan Malware untuk Hasil Pencarian

Terkini

Google hari ini mengumumkan sebuah sistem yang memperingatkan pengguna terhadap kemungkinan sistem mereka terinfeksi malware. Sistem ini mengambil tindakan setelah menemukan pola yang tidak biasa pada kegiatan di web, kemudian diidentifikasi sebagai strain malware yang menyebabkan komputer mengirimkan lalu lintas pencarian ke Google melalui proxy servers.

“Baru baru ini kami menemukan beberapa lalu lintas pencarian yang tidak biasa saat melakukan perawatan rutin pada pusat data kami” kata Damian Mensher, seorang insinyur keamanan Google. “Setelah berkolaborasi dengan insinyur keamanan di beberapa perusahaan yang mengirimkan perubahan lalu lintas, kami menentukan bahwa komputer menunjukkan prilaku ini terinfeksi dengan strain tertentu dari perangkat lunak berbahaya atau malware” imbuhnya.

Malware hanya menginfeksi sistem operasi yang menggunakan sistem operasi Windows, menurut sebuah posting twitter seorang engineer Google Matt Cutts, sistem dapat diuji dengan menjalankan pencarian untuk kata apapun. Pengguna yang sistem operasinya ada kemungkinan terinfeksi akan mendapat pemberitahuan yang menonjol di bagian atas web. “Kami berharap dengan mengambil langkah-langkah untuk memberitahukan pengguna, kami dapat membantu memperbarui antivirus mereka atau menghapus infeksi malware” imbuh Matt Cutts.

Pusat bantuan Google juga menawarkan tips untuk memindai sistem yang mungkin terinfeksi malware dan bagaimana cara menghapusnya. Malware atau perangkat lunak berbahaya, sering dirancang untuk mengganggu operasi komputer normal atau mengumpulkan informasi pribadi tentang pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published.