Cara Melihat File RAW di Windows

Microsoft akhirnya menambahkan dukungan sistem operasi Windows untuk melihat file kamera dengan format RAW!, sangat menarik dan bermanfaat karena bagi yang sedang atau sudah menggeluti dunia photography pasti sudah tau bahwa file gambar dengan format RAW adalah yang terbaik, karena file gambar dengan format ini lebih mudah dikoreksi dan tidak merusak unsur gambar karena tidak mengalami kompres (mentah). Namun kita harus lebih sabar dalam menggunakan format RAW karena harus menggunakan software pengolah gambar khusus untuk membuka atau melihat gambarnya.

Tetapi hal itu telah diantisipasi oleh Microsoft dengan menghadirkan Microsoft Camera Codec, anda hanya perlu mengunduhnya secara gratis dan menginstallnya pada Sistem Operasi Windows 7 atau Vista Service Pack 2. Sayangnya, tidak semua format RAW dari kamera anda didukung oleh software Microsoft ini, seperti beberapa model terbaru dari Nikon yaitu D5100, D3100, Canon EOS 60D, semua seri Olympus PEN, dan generasi terbaru dari G Panasonic.

Setelah selesai melakukan instalasi anda tidak langsung dapat melihat thumbnail gambar pada folder

Untuk dapat menampilkan thumbnail pada folder, anda harus membuka salah satu foto dengan Windows Live Photo Gallery.

Klik kanan pada salah satu foto, kemudian klik Preview atau pilih default program Windows Live Photo Gallery

Pilih menu Edit, organize or share

Setelah menu gallery tampil maka thumbnail akan secara otomatis muncul pada folder gambar, dan anda perlu melakukan hal ini setiap menyalin gambar baru pada hardisk anda.

About the Author

has written 175 stories on this site.

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

Isi dan komentar tanggung jawab masing masing pengirim. Gambar yang ditampilkan dalam artikel tidak selamanya mencerminkan isi artikel atau produk .Hanya dipakai sebagai Ilustrasi berita.





Web Security Made Easy         > | © 2009   > Hosted by : Web Developer Jogja | MDU MariaDB Community |
2019 | kabarIT.com. All rights reserved.
KabarIT merupakan techno blog yang menyajikan informasi seputar IT yang hangat dan menarik. Isi dan komentar tanggung jawab masing-masing komentar. Selengkapnya...