Beginilah Cara Wikileaks Mendapatkan Data Rahasia AS

Wikileaks yang didirikan oleh Julian Assange (39) telah menggemparkan dunia dengan pembongkaran kawat-kawat rahasia Amerika Serikat. Bahkan Julian sudah menjadi tahanan polisi Inggris namun dengan tuduhan kejahatan sexual.

Banyak yang mempertanyakan bagaimana Julian memperoleh data-data rahasi itu. Ternyata data-data rahasia ini begitu mudah didapatkan dari seorang tentara AS berpangkat rendah bernama Bradley Manning (23) yang memiliki akses ke  Siprnet (secret internet protocol router network distribution), yaitu  jejaring database yang dibuat untuk menghubungkan personil militer AS di seluruh dunia.

Manning bahkan tidak begitu kesulitan dalam mengambil data-data ini. Dia hanya membutuhkan memory stick untuk mengambilnya. Hal yang membuat dia tidak diketahu ketika mencuri data tersebut cukuplah simple. Dia menggunakan CD dengan label Lady Gaga yang isinya sudah dihapus untuk menyalin data-data tersebut.

“Tidak ada yang mencurigainya. Saya pura-pura mendengarkan dan berlagak menyanyikan lagu Lady Gaga ‘Telephone’ ketika saya memasuki data bocor terbesar dalam sejarah. Hillary Clinton dan ribuan diplomat di seluruh dunia akan terkena serangan jantung ketika mereka mendapati pada pagi hari rahasia kebijakan internasionalnya tersedia untuk publik,” ujar Manning seperti dilansir dari The Guardian.

Ini merupakan  sebuah kesalahan yang cukup fatal bagi Pentagon dalam melindungi data-datanya. Begitu mudahnya data super rahasia ini disalin dengan menggunakan memory stick dan CD. MaSuk

About the Author

has written 823 stories on this site.

8 Comments on “Beginilah Cara Wikileaks Mendapatkan Data Rahasia AS”

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

Isi dan komentar tanggung jawab masing masing pengirim. Gambar yang ditampilkan dalam artikel tidak selamanya mencerminkan isi artikel atau produk .Hanya dipakai sebagai Ilustrasi berita.





Web Security Made Easy         > | © 2009   > Hosted by : Web Developer Jogja | MDU MariaDB Community |
2019 | kabarIT.com. All rights reserved.
KabarIT merupakan techno blog yang menyajikan informasi seputar IT yang hangat dan menarik. Isi dan komentar tanggung jawab masing-masing komentar. Selengkapnya...