Membuat button dengan style Glass

Efek-efek mengkilap atau glass sering sekali digunakan pada gambar gambar grafis di media cetak atau media web. Dengan efek glass ini, gambar grafis terlihat seperti kaca. Selain itu sering pula digunakan sebagai button pada profil interaktif maupun web, karena bentuknya yang unik dan eyecatching. Untuk membuat gambar grafis seperti ini sebenarnya bisa dilakukan menggunakan sejumlah software desain grafis seperti Corel Draw, Adobe Illustrator, atau Adobe Photoshop. Namun kali ini, pada tutorial ini akan digunakan software Corel Draw dan objek yang akan dibuat adalah berupa vector graphic.

Langkah pertama, buka software Corel Draw dan buat dokumen baru.

Selanjutnya buat lingkaran dengan menggunakan Ellipse Tool(F7). Untuk mempermudah membuat lingkaran yang utuh dan tidak berbentuk elipse, pada saat drag mendrag mouse, tekan tombol Ctrl pada keyboard. Sehingga hasilnya akan menjadi lingkaran bulat yang bukan ellipse.

Untuk membuat glass style ini, kita harus menggunakan warna yang match. Disini akan dipilih tiga warna yang senada dari yang paling gelap ke paling terang untuk menghasilkan efek glass.

Setelah warna ditentukan, klik pada lingkaran dan klik Fountain Fill(F11). Lalu akan mucul window Fountain Fill.

Pada Type pilih Radial, Color Blend pilih Custom karena kita akan menggunakan tiga warna yang telah kita tentukan tadi. Setelah itu klik dua kali pada parametaer warna gradasi sehingga warna akan menjadi tiga dan terdapat tanda segitiga yang menunjukkan tab warna.

Lalu pilih warnanya, dimulai dari tab warna paling kanan. klik tanda tab yang berbentuk kotak, lalu pilih warnanya dengan dengan warna di sebelah kanan. Jika tidak ada warna yang sesuai klik tombol Others, pilih tab Palettes. Pada dropdown menu Pallete, pilih PANTONE(R) process coated. Lalu Pilih warna yang gelap.

Setelah warna dipilih semua, klik pada tab warna yang tengah dan atur Positionnya menjadi 80%, lalu pada tampilan preview warna drag sedikit kebawah pada pusat gradasinya (warna yang paling terang), sehingga gradasi terlihat terpusat sedikit kebawah. Lalu Klik OK. Maka lingkaran telah berubah warnanya.

Langkah selanjutnya adalah buat duplikat lingkaran tersebut dengan cara klik kiri pada lingkaran, tahan, geser ke kanan, klik kanan dan lepaskan. Maka akan terdapat 2 lingkaran. Atau bisa juga dengan Copy Paste biasa.

Lalu seleksi kedua lingkaran, klik tombol outline dan pilin None, sehingga outline hitam pada kedua lingkaran akan hilang. Lalu pada lingkaran yang satunya atur ukuran sehingga menjadi lebih kecil dan sedikit ellips.

Setelah itu ubah warnanya menjadi warna putih dan letakkan diatas lingkaran yang besar. Taruh di bagian atas. untuk membuat lingkaran putih posisinya tepat berada di tengah lingkarang besar, seleksi kedua lingkaran dan tekan tombol ‘C’ pada keyboard. Maka posisi lingkaran akan tepat di tengah.

Langkah terakhir adalah membuat transparansi pada lingkaran putih. Caranya klik tombol Interactive Transparancy Tool pada Toolbox sebelah kiri. Lalu klik lingkaran putih dahn buat transparansi verrtikal lurus, sehingga lingkaran diatasnya menjadi gradasi putih transparan.

Maka jadilah sebuah lingkaran bergaya atau ber-style Glass.

Ternyata membuat graphic image seperti ini mudah bukan !
/aveef

About the Author

has written 2 stories on this site.

3 Comments on “Membuat button dengan style Glass”

  • aveef wrote on 13 October, 2010, 19:20

    thanks !

  • ria lestari sianturi wrote on 13 October, 2010, 19:22

    nice….
    ill follow
    :lol 😆 :

  • Fajar wrote on 23 February, 2012, 19:33

    Mantap bahan kuliahnya bro….tetap semangat and God Bless U

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

Isi dan komentar tanggung jawab masing masing pengirim. Gambar yang ditampilkan dalam artikel tidak selamanya mencerminkan isi artikel atau produk .Hanya dipakai sebagai Ilustrasi berita.





Web Security Made Easy         > | © 2009   > Hosted by : Web Developer Jogja | MDU MariaDB Community |
2020 | kabarIT.com. All rights reserved.
KabarIT merupakan techno blog yang menyajikan informasi seputar IT yang hangat dan menarik. Isi dan komentar tanggung jawab masing-masing komentar. Selengkapnya...