Robot Memanjat, Terinspirasi dari Alam

wall-climbing-robot-20100119-592

Perkembangan robot semakin maju dengan berbagai innovasinya. Pembuatan robot banyak yang terinspirasi dari kebutuhan pengganti manusia atau mahluk hidup. Seperti robot-robot yang dikembangkan oleh Dr Amir Shapiros laboratorium di Departemen Teknik Mesin dari Universitas Ben Gurion Negev, Israel. Disini dikembangkan beberapa robot pemanjat yang terinspirasi dari hewan-hewan yang ada.

Dilansir KabarIT dari Physorg, seperti sebuah robot yang meninggalkan jejak lem panas yang digunakan untuk menempel di dinding. Robot ini terinspirasi oleh siput yang meninggalkan jejak lendir ketika berjalan. Ada pula robot berlengan dengan menggunakan cakar yang juga terinspirasi dari kucing dang hewan pengerat.

Namun ada beberapa robot lain yang juga menggunakan prinsip magnetic dan menggunakan plester 3M yang digunakan untuk memanjat permukaan rata dan halus. Robot-robot ini dikemudian hari dapat membantu manusia untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan penyelamatan, seperti mencari kebocoran dinding kapal selam memeriksa selundupan bom dan lain-lain.

Selain robot yang dapat memanjat, disini juga dikembangkan robot ular. Para peneliti melakuakn riset bagaimana cara gerak ular dengan memasukkan gelombang vertical dan horizontal untuk melakukan gerakan robot ular. Robot ini dapat membantu penyelamatan dalam ruang-ruang yang sulit dijangkau manusia, seperti masuk ke dalam pipa kecil. MaSuk

About the Author

has written 823 stories on this site.

5 Comments on “Robot Memanjat, Terinspirasi dari Alam”

  • MR.$$$ wrote on 22 January, 2010, 10:27

    perkembangan semakin maju saja…mantappp…. 💡 💡 💡 💡

  • Galuh Ristyanto wrote on 22 January, 2010, 16:10

    Mari kita buat robot yang bisa goyang gergaji kayak Dewi Persik. Kakakakakak 😆 😆

  • MQ wrote on 25 January, 2010, 20:02

    enek wae om2…… :mrgreen: :mrgreen:

  • abimayu wrote on 27 January, 2010, 6:45

    klo bener2 jadi n sukses, kayaknya bakalan dirilis mobil spiderman  😀

  • cencen wrote on 28 January, 2010, 8:07

    wah ikut KRCI menang ki >_<

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

Isi dan komentar tanggung jawab masing masing pengirim. Gambar yang ditampilkan dalam artikel tidak selamanya mencerminkan isi artikel atau produk .Hanya dipakai sebagai Ilustrasi berita.





Web Security Made Easy         > | © 2009   > Hosted by : Web Developer Jogja | MDU MariaDB Community |
2019 | kabarIT.com. All rights reserved.
KabarIT merupakan techno blog yang menyajikan informasi seputar IT yang hangat dan menarik. Isi dan komentar tanggung jawab masing-masing komentar. Selengkapnya...