Microsoft Akan Mematenkan Alat Kontrol Komputer Melalui Otot

msft-emg-1-1

Microsoft Research berencana mematenkan hasil risetnya berupa alat kontrol komputer dengan menggunakan gerakan otot manusia. Kita sudah terbiasa menggunakan mouse, keyboard dan joystick untuk melakukan kontrol kepada komputer. Namun dengan menggunakan alat-alat tersebut sering juga menemukan permasalahan-permasalahan.

Dengan menggunakan alat kontrol melalui otot ini, penguna komputer tidak lagi menggunakan media mouse, keyboard dan joystick. Dengan beberapa sensor yang ditempelkan pada beberapa bagian tubuh, pengguna komputer dapat mengatur kontrol komputer. Sensor-sensor ini dapat dipasang di kepala, lengan tangan, kaki dan dada. Gerakan-gerakan lemah yang dilakukan otot-otot kita dapat diterjemahkan sensor menjadi kontrol pada komputer.

emg

Dikutip KabarIT dari techflash, Salah satu teknologi penginderaan yang telah dikemabangkan selamaini menemukan Elektromiografi (EMG) dapat mengukur potensi listrik yang dihasilkan oleh aktivitas sel-sel otot. EMG dapat menggunakan sensor yang diletakkan secara hati-hati sesuai dengan pengetahuan yang terperinci fisiologi manusia. Khusus aktivitas otot diukur dan digunakan untuk menyimpulkan gerakan, dimaksudkan atau tidak.

Walau akan segera dipatenkan, nampaknya penemuan ini belum dapat dijumpai di toko-toko komputer dalam waktu dekat. Masih banyak pengembangan yang perlu dilakukan untuk menjadikanya produk masal. MaSuk

About the Author

has written 823 stories on this site.

One Comment on “Microsoft Akan Mematenkan Alat Kontrol Komputer Melalui Otot”

  • cencen wrote on 9 January, 2010, 11:12

    opo opo an maneh iki?? innovasi memang tidak ada habisnya.. 😀

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

Isi dan komentar tanggung jawab masing masing pengirim. Gambar yang ditampilkan dalam artikel tidak selamanya mencerminkan isi artikel atau produk .Hanya dipakai sebagai Ilustrasi berita.





Web Security Made Easy         > | © 2009   > Hosted by : Web Developer Jogja | MDU MariaDB Community |
2019 | kabarIT.com. All rights reserved.
KabarIT merupakan techno blog yang menyajikan informasi seputar IT yang hangat dan menarik. Isi dan komentar tanggung jawab masing-masing komentar. Selengkapnya...