Google Berrencana Keluar dari China

China

Google berencana akan keluar dari China karena tidak akan bisa lagi mematuhi peraturan sensor web yang diterapkan di China. Google masuk ke China sekitar empat tahun yang lalu dengan setuju untuk melakuakn sensor kepada situs-situs tertentu. Bahakan Google sempat bersitegang dengan pemerintah China karena dituduh menyebar konten porno.

Dilasir KabarIT dari Reuters, Pengumuman pada hari Selasa datang di tengah meningkatnya ketegangan antara Cina dan Amerika Serikat tentang kebebasan Internet, Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton berencana mengumumkan sebuah kebijakan teknologi pada minggu depan untuk membantu warga negara lain mendapatkan akses ke uncensored Web.

“Ini serangan dan pengawasan mereka telah mengungkapkan – dikombinasikan dengan usaha-usaha selama tahun untuk lebih lanjut membatasi kebebasan berbicara di Web, telah membawa kita untuk menyimpulkan bahwa kita harus meninjau kelayakan operasi bisnis kami di Cina,” Kepala Google Legal Officer David Drummond

Dengan kata lain Google akan keluar dari China jika peraturan sensor situs tetap diterapkan di China. Dari pengumuman tersebut saham Google turun 1,3 persen.

Pada saat yang sama terjadi pelanggaran hacker pada privasi atas account Gmail aktifis hak asasi manusia di China dan beberapa perusahaan lainnya. Google tidak langsung menyebut hal ini ada hubunganya dengan pemerintah China. Namun serangan ini dilakukan dengan sangat canggih. Namun Google sangat menjaga privasi dari para membernya. MaSuk

Leave a Reply

Your email address will not be published.