Electronic Board Games, Revolusi Permainan Di Atas Meja

croppedhexagonalgamepieces_610x198

Kita sudah mengenal permainan Scrabble, sebuah permaina kata-kata yang menggunakan papan dan bidak-bidak huruf. Permainan ini dimainkan dua sampai empat orang dengan mengelilingi meja atau papan tersebut.

Dilansir KabarIT dari Cnet, dengan perkembangan teknologi saat ini permainan-permainan strategy seperti Warcraft dan Stronghold bisa dimainkan bersama-sama diatas meja bagaikan Scrabble. Queen’s Human Media Lab, Profesor Roel Vertegaal sedang mengembangakan permaian ini dengan menggunakan potongan-potongan OLED.

Seperti sebuah permaian multiplayer Settler of Catan, di mana pemain berusaha untuk “menetap” di Pulau Catan dengan membangun kota-kota, jalan, dan sejenisnya lebih cepat dari pemain lain. Permainan ini awalnya menggunakna potongan-potongan karton segi enam denga gambar yang diacak di awal permainan. Para pemain kemudian membangun pulau Catan ini dengan menyusun karton-karton tersebut.

Dengan penelitian Profesor Roel Vertegaal, karton-karton yang semulanya hanya gambar digantikan dengan OLED. Pada awalnya OLED hanay nampak seperti karton putih biasa. Tapi dengan bantuan sebuah kamera dan proyektor overhead, masing-masing bagian karton menjadi mini komputer yang mampu menampilkan gambar video animasi. Tidak hanya itu, bahkan kejadian-kejadian di sekitarnya memicu OLED tersebut, seperti antrian tentara untuk menyerang.

Pemain dapat mengatur permainan dengan menggerakkan OLED ini. Seperti dalam video di bawah ini, anda dapat “menuangkan” para tentara dari kapal ke daratan dengan memiringkan OLED. Namun belum dijelaskan kapan permaian ini akan resmi dijual di toko-toko. MaSuk



4 thoughts on “Electronic Board Games, Revolusi Permainan Di Atas Meja”

Leave a Reply

Your email address will not be published.