Cina Membantah Tudingan Keterlibatan dalam Serangan Cyber kepada Google

China

Hubungan pemerintah China dan raksasa search engine Google akhir-akhir ini memanas, setelah tudingan Google kepada pemerintah China tentang serangan cyber kepada account Gmail yang dimiliki aktifis HAM dan beberapa perusahaan. Google juga mengancam akan keluar dari China akibat serangan cyber ini dan kebijakan China melakukan sensor online.

“Setiap tuduhan bahwa pemerintah Cina berpartisipasi dalam setiap cyberattack, baik dalam cara yang eksplisit atau uneksplisit, itu tidak berdasar dan bertujuan untuk merendahkan Cina,” kata seorang juru bicara Cina, dikutip KabarIT dari CNET.

Selain membantah tudingan Google ini, pemerintah China akan tetap mempertahankan kebijakan sensor onlinenya. Sebelumnya mentri luar negeri Amerika Hillary Rodham Clinton mengecam kebijakan China atas sensor online yang diterapkan. Sedangkan China tidak perduli dengan tekanan dari luar atas kebijakan dalam negerinya.

China menyatakan, semua perusahaan yang beroperasi di negerinya harus patuh terhadap peraturan di China. Pernyataan-pernyataan mentri luar negeri Amerika ini cukup menyakiti hubungan antara kedua negara ini. MaSuk

3 thoughts on “Cina Membantah Tudingan Keterlibatan dalam Serangan Cyber kepada Google”

Leave a Reply

Your email address will not be published.