Kendali Robot dengan Menggunakan Layar Sentuh iPhone

17nov09walkybot0921bc

Perkembangan robot humanoid semakin maju. Berbagai inovasi dikembangakan oleh para peneliti mulai dari robot militer, robot untuk kendaraan dan berbagai macam robot yang dapat menjalankan tugas-tugas tertentu. Namun seringkalai beberapa robot terkendala dengan masalah kontrol. Kontrol dengan menggunakan tombol-tombol manual sering memiliki tingkat fleksibilitas rendah.

Untuk membebaskan masalah kontrol dengan menggunakan tombol-tombol manual, para peneliti dari Universitas Keiko Jepang menggunakan iPhone sebagai alat kontrol robot. iPhone menggunakan layar sentuh sebagai pengganti tombol-tombol manual yang ada.

Para peneliti dari Universitas Keiko menggunakan iPhone sebagai kontrol gerak sebuah robot. Robot yang berjalan dengan menggunakan dua buah kaki ini dapat bergerak sesuai dengan gerakan jari yang disentuhkan pada iPhone. Robot ini dapat berjalan, berputar, jongkok dan menendang sesuai dengan gerkan jari pengontrolnya. Dengan menggunakan layar sentuh yang lebih fleksibel dari pada tombol manual, membuat kontrol kepada dan gerakan robot menjadi lebih fleksibel dan dinamis. MaSuk (Endgadget)

One thought on “Kendali Robot dengan Menggunakan Layar Sentuh iPhone”

  1. wah,,
    robot nih mntap bener..!!!
    bisa dgrakkan dgn touch screen iPhone smau kita..!!
    mntap bener!!!
    klw ni dkmbngkan,, bisa jdi smua hp dgn fasilitas toch screen akn dpt mngntrol robot!!!!
    😉

Leave a Reply

Your email address will not be published.