Indosat School, Menjadikan Sekolah Online di Kalimantan Selatan

111

Seiring dengan dinamika kemajuan ICT di berbagai sektor kehidupan, sektor pendidikan sangat dirasa perlu untuk menerapkan kemajuan ICT untuk semakin memajukan dunia pendidikan. Indosat mengadakan sebuah program komunitas Sekolah Online dengan mengusung nama Indosat School.

Pada hari Kamis (26/11) bertempat di Aula Palimasan Banjarmasin Pos, Indosat regional Banjarmasin Kalsel bekerja sama  dengan Dinas Pendidikan Kalimantan Selatan, Banjarmasin Pos dan STMIK AMIKOM Yogyakarta, mengadakan sosialisasi program Indosat School. Acara ini mengundang kurang-lebih 100 orang kepala sekolah SMP dan SMA se-Kalimantan Selatan.

Indosat School merupakan sebuah Sistem Informasi Sekolah Online berbasis Web yang dapat mengelola data-data dan informasi sekolah baik itu data siswa, guru, nilai, presensi, pembayaran, materi, profil sekolah dan berbagai macam fasilitas yang dibutuhkan sekolah.

Fasilitas-fasilitas ini dapat di-online-kan agar dapat diakses di mana saja, baik itu dengan komputer atau phone cell yang terhubung dengan internet atau dengan menggunakan sms. Informasi-informasi sekolah seperti profile sekolah, profile guru, prestasi, fasilitas sekolah dan sebagainya dapat ditampilkan pada halaman web side yang diberikan untuk masing-masing sekolah. Guru dapat meng-upload materi pelajaran atau tugas dan kemudian siswa dapat men-download dan mengerjakannya di mana saja. Orang tua siswa dapat mengetahui perkembangan nilai, presensi dan informasi-informasi lainnya yang berhubungan dengan putra-putrinya dengan menggunakan sms.

Dengan kemudahan dalam mengakses data seperti ini, maka diharapkan sekolah mampun lebih maju dari segi pendidikan maupun segi teknologi. Selain itu peran serta komponen pendidikan seperti guru, siswa, orang tua wali dan pemerintah dapat berjalan secara harmonis.

Indosat bekerjasama dengan Departemen Innovation Center STMIK AMIKOM Yogyakarta untuk membangun dan memaintenence Sistem Informasi Indosat School ini. Sekolah yang ingin bergabung di komunitas ini dan memperoleh halaman web ini akan diberikan secara gratis dengan satu syarat membuat sebuah komunitas Indosat yang beranggotakan minimal 100 siswa-siswi yang menggunakan layanan kartu Indosat.

Dalam sosialisasi di Banjarmasin ini, banyak sekolah yang berminat untuk bergabung dalam komunitas Indosat School ini. Tidak hanya memberikan fasilitas ini saja, Indosat juga akan mengadakan pelatihan khusus kepada administrator sekolah atau guru-guru sekolah yang bergabung, untuk mengelola dan menggunakan fasilitas Indosat School ini tentunya juga tanpa biaya. MaSuk

4 thoughts on “Indosat School, Menjadikan Sekolah Online di Kalimantan Selatan”

  1. kami dari guru Mts.Daruththolibin, ingin mengadakan bakti sosial ke Panti Asuhan
    Yayasan Pendidikan Agama Islam Daruththolibin
    Jl. cipanas Rt.01/Rw.05, Tarogong kaler-Garut Tlp.o262 540223
    dalam rangka menyambut tahun ajaran baru 2010/2011
    kami ingin berbagi kebahagiaan dengan saudara- saudara kita yang kurang beruntung.
    Kami mohon bantuannya untuk mensponsori kegiatan bakti sosial kami.
    Bagi yang berminat silahkan hubungi
    085223102498

    (Panji Teguh Amarta.S,S.Pd.I)
    terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.