AMD Siap Mengkroyok dan Mengalahkan “Kembali” Intel

amd_vs_intel

Sebelum munculnya teknologi dual core, AMD Menguasai processor tercepat di dunia. Namun setelah muncul teknologi dual core dan lainnya AMD semakin tertinggal. Namun nampaknya ini keadaan ini akan segera kembali berubah dengan munculnya pasukan teknologi chip baru buatan AMD.

Pada hari rabu (11/11) kemarin AMD mengumumkan rencana kemunculan pasukan chip baru dari AMD dengan nama-nama seperti Bulldog, Bulldozer, Danube, Brazos dan Ontario.

Serangan AMD di awali dengan peluncuran high-end chip grafis dengan nama Hemlock. Tidak tanggung-tangung, Chip ini terdiri dari dua GPU yang dapat memberikan daya komputasi grafis sebesar 5 teraflops. Hemlock dijual pada minggu depan dengan harga mulai $400 sampai dengan $500.

Dikutip KabarIT dari Pc World, pada sekitar awal tahun depan, AMD siap meluncurkan empat processor barunya dengan teknologi Quad-Core untuk processor notebook yang dapat menghemat tenaga hingga mampu mendukung batreay neotebook sampai 7 jam. Juga dengan munculnya proceesor dengan teknologi Six-Core untuk komputer desktop higt end yang diperuntukkan untuk Eyefinity AMD ,multi-display dan gamers.

AMD juga berencana meluncurkan chip grafis baru dengan mana Llano. Llano merupakan  chip Fusion pertama, akan memiliki sekitar satu milyar transistor dan akan diproduksi pada proses 32-nanometer.

Llano akan muncul untuk grafis laptop pada tahun 2011 sebagai bagian dari platform yang disebut Sabine, yang akan memiliki empat inti CPU dan dukungan memori DDR3 dan DirectX 11 grafik. Untuk mainstream desktop, Llano akan muncul di waktu yang hampir bersamaan. Llano untuk desktop akan diluncurkan pada sebuah platform yang disebut Lynx, yang juga akan mendukung memori DDR3 dan mencakup hingga empat inti CPU.

Paling tidak ada 4 chip lain yang akan diluncurkan di awal tahun depan :

  • –   Six-core prosesor untuk PC desktop penggemar dikenal sebagai Leo, dengan DirectX 11 grafik dan teknologi Eyefinity AMD, yang memungkinkan gamer menggunakan beberapa layar komputer untuk bidang yang lebih luas visi,
  • –   Sebuah chip untuk desktop utama disebut Dorado yang akan memiliki grafis terintegrasi dan ditawarkan dalam dual, triple dan quad-core versi,
  • –   Dual-core 45-nanometer chip dikenal sebagai ultrathin Nil untuk notebook, yang bertujuan untuk memberikan lebih dari tujuh jam masa pakai baterai dengan DirectX 11 discrete grafis dan dukungan untuk DirectX 10.1 IGP, dan
  • –   Sebuah quad-core chip Danube mainstream notebook yang bertujuan untuk memberikan tujuh jam baterai dan mendukung DirectX 10 IGP, DirectCompute dan OpenCL percepatan.

MaSuk

One thought on “AMD Siap Mengkroyok dan Mengalahkan “Kembali” Intel”

Leave a Reply

Your email address will not be published.