Bing, Search Engine Saingan Google Sudah Diluncurkan

2

oke

Setelah menjadi perdebatan tentang nama Bing untuk search engine buatan Microsoft, akhirnya awal bulan Juni ini search engine ini diluncurkan walau masih versi Beta. Bing merupakan sebuah projek ambisius Bill Gates untuk menyaingi Google. Microsoft mengeluarkan dana yang sangat besar untuk menghambat kesusksesan Google.

Mengenai masalah kecanggihan tentunya masing-masing memiliki perbedaan. Dari pengamatan penulis, Bing versi Beta memiliki hasil pencarian yang berbeda dengan Google. Namun hampir sama dengan Google, pencarain juga bisa berdasarkan negara pengguna layanaan Bing, namun bahasa pada fasilitas-fasilitas yang ada masih menggunakan bahasa Inggris.

Yang sangat menarik pada Bing adalah pada pencarian gambar / images. Semua hasil pencarian gambar, ditampilkan pada satu layar dan dapat di scroll ke bawah, berbeda dengan Google yang dibagi-bagi menjadi halaman-halaman. Hasil pencarian dapat di tampilkan dalam 4 ukuran thumbnail kecil, sedang, besar, besar dengan keterangan.

Jika cursor diarahkan ke gambar yang diperoleh, maka gambar akan zooming dan menampilkan keterangan yang meliputi ukuran gambar dan asal gambar. Jika gambar di click maka seperti Google, gambar yang dipilih berada di bingkai di bagian atas web sumber. Namun hasil-hasil pencarian yang lain tetap ditampilkan di list sebelah kiri.

oke2

Pencarian gambar bisa dipersempit dengan memilih beberapa kategori. Pertama kategori size yang meliputi small, medium, large dan wallpaper. Kedua kategori layout yang meliputi square, wide dan tall. Ketiga kategori color yang meliputi color dan black and white. Keempat kategori style yang meliputi photograph dan illustration. Dan yang terakhir adalah kategori people yang meliputi just faces, head & shoulders dan other.

Pengguna dapat menggunakan salah satu kategori tersebut atau kombinasi dari kelima kategori tersebut. Salah satu kategori yang cukup menarik yaitu color dan style. Bing dapat mendeteksi gambar berwarna atau hanya hitam putih. Bing juga dapat mendeteksi mana gambar berasal dari fotografi dan mana gambar berupa ilustrasi.

Apakah kecanggihan Bing dapat menggeser ketenaran dan kecanggihan Goggle? Kita tunggu saja dalam beberapa bulan ke depan. MaSuk

2 thoughts on “Bing, Search Engine Saingan Google Sudah Diluncurkan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Next Post

Iphone sebagai Media Kontrol Poster Digital

Sat Jun 6 , 2009
LONDON – Branding iPhone sebagai alat komunikasi berkelas semakin jelas dengan makin banyaknya inovasi-inovasi yang dilakukan, terutama kompatibilitasnya dengan berbagai media atau perangkat lain. Hal ini memungkinkan pemiliknya dapat menikmati kecanggihan teknologi yang semakin meluas dan terintegrasi. Salah satunya sebagai media kontrol poster digital. Konsumen yang hendak membeli atau hanya […]