52 Robot Bertarung Di Yogyakarta

dscf8132

Yogyakarta di ramaikan dengan bertarungnya 52 tim robot yang mengikuti Kontes Robot Nasional 2009 yang meliputi Kontes Robot Indonesia (KRI), Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) dan Kontes Robot Seni Indonesai (KRSI) yang berlangsung pada hari ini (13/6). Para peserta mengikuti acara tersebut di gedung Graha Shaba Pramana kampus UGM Yogyakarta.

Yang unik pada acara kali ini adalah bertambahnya kategori kontes robot yaitu Kontes Robot Seni Indonesai (KRSI). Dalam KRSI robot yang diperlombakan dapat melakukan tarian yang mengikuti suara musik jaipongan.

dscf8239

Dalam sambutanya Direktur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M) Ditjen Dikti, Prof. Dr. Ir. Suryo Hapsoro, menyampaikan bahwa tidak hanya teknologi saja yang dapat berkembang dalam acara robot ini, namun juga kesenian.

Suryo Hapsoro juga menyampaikan kebanggaannya dan harapanya kepada para kontestan, โ€œHarapan kami, hasil yang diperoleh dari tahun ke tahun semakin baik. Dan semoga tim yang berhasil keluar sebagai pemenang di kontes kali ini untuk mewakili Indonesia di tingkat Internasional, nantinya mampu mencapai hasil yang terbaik .Buktikan bahwa mahasiswa Indonesia memiliki kemampuan inovasi yang cukup diperhitungkan di segala bidangโ€ paparnya (dikutip KabarIT dari web UGM).

Kontes Robot Nasional 2009 ini, diikuti oleh 24 tim peserta KRI, 33 tim peserta KRCI dan 12 tim peserta KRSI. Untuk KRCI terbagi atas 4 divisi, yakni 21 tim kategori wheeled, 9 tim kategori leeged, 9 tim kategori expert single, dan 16 tim kategori expert battle. Secara keseluruhan, jumlah anggota tim termasuk pembimbing adalah 412 orang, yang berasal dari 47 perguruan tinggi dan 5 nonperguruan tinggi. Di antaranya STMIK AMIKOM Yogyakarta, ITB, UGM, ITS, dan UI.

18

Kontes robot seperti ini akan terus dilakukan setiap tahunnya untuk memacu kreatifitas dan inofasi para pemuda Indonesia. Para pemenang dalam acara ini akan mewakili Indonesia pada Kontes Robot tingkat Internasional di Tokyo. MaSuk


7 thoughts on “52 Robot Bertarung Di Yogyakarta”

  1. salut dah buat tim robot amikom….
    walaupun kalah…tak apalah…
    mungkin belum saatnya….
    udah bisa ikut kontes robot NASIONAL itu prestasi yang membanggakan…. :mrgreen:
    tapi suatu saat nanti pasti bisa menang!!

    suporter amikom pada gila gila semua……!!!!!
    n TOP BANGET DAH!!!! ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜€ :mrgreen:

Leave a Reply

Your email address will not be published.