Pertarungan Robot Melanda Jepang

kondo_battleJepang sudah lama terkena demam robot. Negara yang sarat akan trend teknologi ini tidak pernah absen dalam memberikan inovasi baru. Kini bahkan robot robot itu bisa bertarung dan memperebutkan gelar sebagai sang terkuat.

Mungkin kebanyakan dari kita kenal dengan film animasi Gundam. Pertarungan robot antar koloni. Mungkin itu pula yang menginspirasi orang membuat Kondo. Sebuah robot petarung.

Kondo adalah sebutan untuk robot rakitan buatan Kondo Kagaku co.ltd. Terbuat dari aluminium ringan. Dengan board control RCB-3HV yang tertanam di dalamnya. Sebagai pusat tenaganya, kondo menggunakan baterai  Cell 10.8V-800mAh(Nyckel-Hydrogen battery) untuk menggerakkan total 19 motor penggerak yang terdiri dari KRS-788HV×17 KRS-4024SHV×2

Untuk mempersiapkan robot sebelum bertarung, amda bahkan bisa melatihnya dengan cara memberikan input berupa gerakan pada robot secara manual yang kemudian akan terekam di memori robot sebagai suatu pola. Karena memang didesain untuk bertarung, maka struktur lengan dibuat sedemikian rupa sehingga tahan terhadap benturan.

p-1

Sebagai sumber penggeraknya, kondo menggunakan motor tegangan tinggi KRS-788 HV di setiap lengannya, yang mempunyai gaya putaran / momen 10 Kg, dengan kecepatan 0.14sec/60.

p-10

Tentu saja sebagai pusat pengendalinya dibutuhkan sebuah remote control wireless uang bisa merekam dan memerintahkan sebanyak 80 data gerakan berbeda untuk dikombinasikan menjadi jurus ampuh. Anda bisa merekam 30 langkah setiap patern. Dengan total 2400 langkah berbeda yang terintagrasi di memori Kondo.
p-9
Kendo pun bisa melangkah lebih fleksibel berkat arsitekur kaki kakinya.Dua buah servo dipasang pada kaki depan yang berfungsi sebagai batang rotasi kaki. Sehingga Kendo bisa dengan mudah berdiri setelah jatuh.
p-15
Dengan ukuran 179(Lebar)×377(Tinggi)mm dan berat sekitar 1,510g anda harus membayar 126,000 yen untuk bisa membawa pulang sebuah pendekar robot./chend

info : engadget.com / kondo-robot.com

About the Author

has written 103 stories on this site.

4 Comments on “Pertarungan Robot Melanda Jepang”

  • Andi92 wrote on 11 May, 2009, 16:57

    Wuih..
    kita masih TARKAM (tarung antar Kampung), mereka dah TARROT (tarung Robot)
    Ayo, pemuda.. buat Indonesia bangga!!

  • Ario wrote on 11 May, 2009, 22:32

    Duh kalo musim di sini GUNDAM ku tak jualin semua buat ikutan tarung neh…Kapan yah musim di sini? (i Wish)

  • sampit wrote on 21 November, 2009, 10:34

    bagaimana cara mebuat robot yang bisa mebantu pekerjaan manusia dan bahan untuk membuat robot itu apa saja / dan cara membuat software untuk robot yang dapat berfikir

Trackbacks

  1. Robot Pembantu ala Kanada

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

Isi dan komentar tanggung jawab masing masing pengirim. Gambar yang ditampilkan dalam artikel tidak selamanya mencerminkan isi artikel atau produk .Hanya dipakai sebagai Ilustrasi berita.





Web Security Made Easy         > | © 2009   > Hosted by : Web Developer Jogja | MDU MariaDB Community |
2020 | kabarIT.com. All rights reserved.
KabarIT merupakan techno blog yang menyajikan informasi seputar IT yang hangat dan menarik. Isi dan komentar tanggung jawab masing-masing komentar. Selengkapnya...