Intel Menunda Peluncuran ‘Tukwila’ Itanium processors

intel_tukwila_cpu_01Setelah sempat tertunda peluncurannya, prosessor Intel generasi terbaru dengan kode nama ‘Tukwila’ dikabarkan akan diluncurkan pada pertengahan tahun 2010. Pihak Intel sebenarnya menyatakan tentang adanya generasi pembuatan quad-core Itanium processors pada pertengahan dekede ( 2005 – 2007 )  ditambah  seorang eksekutif dari Sun Microsystems yang mengatakan bahwa pada tahun 2007 intel akan menelurkan platform yang mendukung IA32 dan IA64 microprocessors. Setelah terjadi penundaan sekali. Pihak Intel juga sempat mengumumkan penundaan hanya akan berlangsung sampai tahun 2009. Namun akhirnya ditunda lagi.

Dilansir KabarIT.com dari situs xbitlabs.com, pihak intel mengatakan penundaan bukan dikarenakan masih ada masalah dengan Tukwila, namun dikarenakan rencana untuk menambah kompatibilitas dengan teknologi memory DDR3 dan motherboard generasi mendatang yang juga mensupport  generasi prosessor setelah Tukwila dengan kode nama Poulson yang direncanakan akan diluncurkan pada 2010.

Namun yang disayangkan, Intel masih akan mempertahankan fabrikasi lama 65nm dengan empat inti yang dilengkapi 2 juta transistor dan cache memori sebesar 30 MB.

Prosesor dengan dukungan Multi Threading yang dilangkapi dengan memori kontroler terintegrasi dan TDP 130W.Ini akan berimbas pada kecepatan performa yang meningkat dengan signifikan.

Tukwila adalah chip pertama yang bisa men-share infrastruktur dengan Xeon. Intel juga mengklaim bahwa quad core terbaru dari intel akan membuat perusahaan yang bergerak menggunakan IBM Power atau Sun/Fujitsu SPARC akan mendapatan keuntungan dengan bertambahnya kecepatan dan skalabilitas menggunakan RISC. Bahkan intel juga mengklaim bahwa performance dari Tukwila mencapai 2x prosesor pendahulu./chend

One thought on “Intel Menunda Peluncuran ‘Tukwila’ Itanium processors”

  1. Apa lagi neh? Apa ini penggantinya corei7 atau apa yah? Lha wong core i7 lagi menabung biar bisa beli malah keluar baru lagi yang ginian. Ada yang bisa jelaskan ini prossecor apa yah? Apa bener ini penggantinya core i7? trus pake kaki apa?

Leave a Reply

Your email address will not be published.