Game Bikinan Anak Bangsa

 

nusantara_onlineJika kita membahas tentang game tentunya tidak akan habis materinya. Baik itu perkembangan alatnya maupun jenisnya. Namun hampir 99% kita masih menggunakan game buatan luar negeri. Padahal sudah banyak game-game buatan anak bangsa yang tidak kalah hebatnya dengan game buatan luar negeri.

Petumbuhan industri game di Indonesia sudah mulai pesat ditandai dengan munculnya perusahaan-perusahaan game lokal. Beberapa ajang pameran game sudah cukup membuktikan banyaknya produsen game di Indonesia. Tidak hanya itu di Malang telah hadir JENI RESEARCH CENTER yang bertempat di kawasan timur VEDC merupakan wadah bagi para game creator untuk sharing ilmu, mengupdate data perkembangan game di dunia bahkan untuk menjual game dan mempromosikan game.

Sekarang pun banyak game yang di opensource-kan dan malah dibiayai oleh Depkominfo. Tidak tangung-tanggung dana yang di gelontorkan sampai ratusan juta. Sebagai contoh game Nusanta, game online ini juga mendapatkan glontoran dana dari Depkominfo untuk pengembangannya.

Menurut Ono W. Purbo “ Industri game di Indonesia saat ini sangat pesat. Banyak sekali perusahaan game Indonesia yang bisa hidup dengan membuat game. Bahkan yang diopensourcekan bisa dapat bantuan dari Depkominfo.” Ujarnya setelah mengisi seminar di STMIK AMIKOM Yogyakarta.

Ada yang mau menekuni bidang ini? Ma-Suk

2 thoughts on “Game Bikinan Anak Bangsa”

Leave a Reply

Your email address will not be published.