CONFICKER BATAL RAYAKAN FOOL DAY

gambar2Fool day 1 April tak jadi digunakan worm Conficker untuk “berkenalan” dengan pengguna komputer sedunia. Tapi jangan senang dulu. “Jangan lupa, Conficker sedang menjadi artis utama dalam panggung serangan komputer saat ini,” kata Yudhi Kukuh, Konsultan Teknik Keamanan dari Eset Indonesia, seperti diberitakan Koran Tempo.

Varian terbaru Conficker bernama Conficker.C ramai diisukan akan mulai beraktivitas 1 April lalu, baik pengiriman spam, program jahat sampai phising atau situs-situs web palsu. Para analis keamanan memprediksi Conficker berkemampuan menghindari deteksi, bahkan mematikan fungsi antivirus.

Conficker.A mulai dikenali Oktober tahun lalu dan bekerja menyerupai Gimmiv. Sebulan kemudian ia beranak-pinak ke 25 domain dan 500 ribu mesin diperkirakan terinfeksi. Sedangkan Sensus SRI sendiri menemukan 1,5 juta komputer terinfeksi, 24-27 Desember 2008. Di penghujung tahun 2008 Conficker.B ikut melenggang dan mampu menyebar melalui penyimpanan bergerak. Terakhir, Conficker.C lahir dan mencoba meng-update dirinya sendiri di komputer yang terinfeksi.

Yudhi menyarankan pengguna komputer terbiasa melakukan patching Windows atau aplikasi secara rutin. Penggunaan antivirus yang mampu mengenali ancaman baru juga akan banyak membantu menghindari artis yang jahat ini. (arleta)

 

One thought on “CONFICKER BATAL RAYAKAN FOOL DAY”

  1. Mulai bulan September kemaren saya sempat mendapatkan worm ini.
    hiks… hiks…
    Tapi pada ahkirnya, saya coba instal ulang seluruh komputer yang berada dalam jaringan lokal dan melakukan pacthing windows, akhirnya masalah ini dapat teratasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.