Apple Mac Pro, Cantik di Luar Ganas di Dalam

 

 

Penampilan MacPro yang cantik
Penampilan MacPro yang cantik

 

 

Sebagai mesin multimedia paling tangguh di dunia, Kabar tentang innovasi yang dilakukan Apple pada produk MacPro nya selalu menjadi perhatian banyak kalangan. Spesifikasi yang ditanamkan pada mesin ini dianggap sebagai tolak ukur kecanggihan sebuah piranti komputer multimedia.

 

Walaupun pada masa masa awal adopsi Prosessor Intel 64 bit quad core ’Nehalem’ Xeon 5500 tidak menunjukkan perbedaaan yang signifikan dari arsitekrur MacPro sejak pelncurannya kembali pada 2006, kini MacPro generasi terbaru hadir dengan perubahan yang signifikan.

 Desktop Komputer yang pada bagian casingnya dilengkapi dengan pegangan karena bobotnya yang 20kg ini mempunyai arsitektur tata ruangan yang sangat rapi. Bahkan kita tidak perlu khawatir akan suatu insiden sekalipun dari kesalahan perlakuan terhadap hardware dan peripheral semacam harddisk. Karena desain dari slotnya sudah diatur sedemikian rupa sehingga pengguna dengan mudah membongkar pasang tanpa perlu berurusan dengan mur dan baut ibarat mempunyai almari berisi harddisk.

 pro_3slide-out-the-motherboard-to-populate-the-eight-memory-slots

 Seperti i7, Xeon terhubung langsung dengan system memory. Yang berarti processor dapat berjalan pada kecepatan penuh tanpa khawatir akan masalah tradisional ”bottleneck” pada frontsidebus. Dengan kemampuan hyperthreadingnya, sebuah Quad-core Xeon secara efektif bertindak seperti sebuah prosesor berinti 8. 

Jika anda tertarik, ada dua standart pilihan yang disediakan oleh Apple. Versi yang lebih murah yang harus ditebus dengan £1899 untuk sebuah single Xeon 5500 berjalan pada 2.66GHz, dengan 3GB of 1066MHz ECC DDR 3 memory, sebuah hardisk sata dengan kapasitas 640GB Sata hard drive dan sebuah Kartu grafis Nvidia GeForce GT 120 graphics card 512MB. Versi yang lainnya adalah seharga £2499 untuk delapan inti prosessor yang merupakan gabungan dari dua Xeons yang berjalan pada 2.26GHz dilengkapi dengan 6GB of Ram. Setiap CPU dihubungkan dengan 4 slot DIMM, dengan total 8 slotnya kapasitas maksimal memory yang dapat ditampung adalah sebesar 32GB.

 

Bagi anda yang merasa masih belum ”puas” dengan kapasitas yang ditawarkan dua versi standard tersebut, anda bisa meminang dua Xeons yang berjalan pada clock lebih tinggi yaitu 2.93GHz untuk £4500. Dengan panambahan £400 anda bahkan bisa mencangkokkan

Sebanyak 4 buah kartu grafis GT 120 sekaligus. £4480 untuk 32GB memory dan untuk penambahan sebuah monitor dari Apple, angka £10,000 bisa dengan mudah anda raih.


 Jika anda seorang professional di bidang multimedia, yang biasa menggunakan Final Cut video editor dengan aktifitas menjalankan beberapa editing audio dan video secara streaming, mungkin MacPro adalah pilihan yang ”hebat”.Namun jika hanya untuk kebutuhan editing gambar dengan Photoshop, jangan sia siakan macan anda untuk bekerja menangkap tikus/chend

info : apple.com

One thought on “Apple Mac Pro, Cantik di Luar Ganas di Dalam”

  1. Barang mahal yang ndak bisa melakukan apa apa selain image editing dan video editing….
    Kegagalan terbesar APPLE adalah ketika dia memakai prossesor intel, di mana pada waktu itu prossesor motorola untuk apple sudah tidak lagi bisa bersaing dengan PC.
    Lha apple kok pake intel? Mendingan pc lah, harga segitu udah bisa ngalahin apple sekitar 5 kali lipatnya?
    Lagipula kalo pc kan bisa buat banyak di install berbagai macam OS….Dan banyak juga alumni amikom yang lulus berkat adanya PC…Bukan Apple Mac…

Leave a Reply

Your email address will not be published.