Processor baru Intel i7

Hardware Terkini

imageview2php Setelah sekian lama tidak ada perubahan yang signifikan dari core intel sejak bukan July 2006 dengan diluncurkannya Core 2 processor, saat ini di pengguna komputer yang mendambakan untuk merasakan perubahan performa dari sebuah prosesor sudah bisa merasakan teknologi terbaru dari intel. Sejak diluncurkan pada Agustus 2008 lalu, arsitektur Core i7 tengah membuat perubahan yang signifikan pada kemampuan pengolahan data pada sebuah prosessor komputer.

Dengan kode nama Nehalem, prosesor ini mempunyai 4 physical processor dengan 3 cache memory yang terbagi dalam L1 cache sebesar 64K (terbagi dalam 32K instruction cache dan 32K data cache), L2 cache sebesar 256K dan L3 cache sebesar 8MB yang terbagi dalam empat inti. Terdapat hal yang istimewa dan menarik dalam arsitektur cache untuk L2, cache ini dibuat dari 8 transistor per cell dalam bentuk struktur SRAM. Fasilitas ini berjalan pada voltase yang lebih rendah, itu yang membuat L2 cache lebih kecil dari yang diduga.

Nehalem didesain untuk bekerja dengan memori DDR3. Kontroler memory pun telah dipindah diluar north bridge. Dengan kemampuan dukungan terhadap 3 channel DDR3 per socket dan lebih dari tiga DIMM per dukungan per channel, membuat performa Nehalem tidak diragukan lagi. Bahkan dengan dukungan 3 channel DDR3-1066 setara sampai dengan bandwith memory sebesar 30GB/detik

Sebuah prosesor arsitektur baru sudah pasti membutuhkan motherboard yang baru pula. Tentunya jika ada hendak menggunakan prosessor ini, anda harus mengupgrade motherboard anda dengan motherboard yang sudah terpasang chipset x58.

Leave a Reply

Your email address will not be published.