Kampanye di Dunia Maya

caleg

Penggunaan internet sebagai media informasi bagi masyarakat merupakan hal yang sudah dianggap biasa pada saat ini. Informasi berupa berita, iklan, dan bahkan kampanye politik ada di dalamnya. Menyongsong Pemilu 2009 ini para Caleg dari berbagai partai rupanya mulai sadar akan pentingnya sosialisasi dengan media internet. Pengguna internet yang mencapai 25 juta orang di Indonesia merupakan sasaran yang sangat baik dalam menampilakn personal branding bagai para caleg.

Kebanyakan para caleg mengeluarkan banyak biaya untuk personal branding dengan memasang spanduk, kaos dan bermacam atribut. Hal ini cukup menguras anggaran untuk kampanye dan belum tentu mendapatkan simpati dari masyarakat. Penggunaan internet merupakan salah satu cara yang daianggap cukup efisien dan murah untuk mendapatkan dukungan suara. Bahakan segmentasinya lebih kepada golongan remaja dan para kaum intelek.

Situs social networking seperti Facebook dan Friendster menjadi media gratis para Caleg untuk kampanye. Kedua social networking ini sudah diketahui bersama merupakan situs portal gratis yang dapat menampilkan profil seseorang. Selain gratis, social networking ini memiliki segmentasi luas bagi para remaja. Remaja sebagai para pemilih pemula, merupakan salah satu peluang besar bagi para Caleg untuk mengeruk suara. Penampilan profil yang gaul, foto yang keren dapan menarik simpatik para remaja untuk memilih, di samping visi dan misi yang jelas. Bahakan para caleg dapat membuat group discussion pada facebook dan memaksimalkan fungsi add as friend di pages tanpa terbatasan penggemar.

Selain penggunaan situs social networking, para caleg juga menggunakan blog untuk kampanye dan menampilkan personal branding-nya. Dengan menggunakan blog para caleg menuliskan visi dan misi, pandangan politiknya dan berbagai hal tentang profilnya. Namun, butuh waktu luang untuk dapat menulis dan meng-update sehingga mudah dalam Search Engine Optimization (SEO).

Bahkan di situs ensiklopedia wikipedia juga digunakan untuk kampanye. Namun kemudian malah mengakibatkan para editor wikipedia Indonesia sibuk mengawasi bahkan menghapus tulisan-tulisan kampanye ini. Karena ada beberapa kriteria khusus dalam menuliskan artikel di wikipedia. Ma-Suk

About the Author

has written 823 stories on this site.

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

Isi dan komentar tanggung jawab masing masing pengirim. Gambar yang ditampilkan dalam artikel tidak selamanya mencerminkan isi artikel atau produk .Hanya dipakai sebagai Ilustrasi berita.





Web Security Made Easy         > | © 2009   > Hosted by : Web Developer Jogja | MDU MariaDB Community |
2020 | kabarIT.com. All rights reserved.
KabarIT merupakan techno blog yang menyajikan informasi seputar IT yang hangat dan menarik. Isi dan komentar tanggung jawab masing-masing komentar. Selengkapnya...