IE8 Siap Kalahkan Pesaingnya

IE8Tidak mau kalah dengan para pesaingnya, produsen software terbesar dunia Microsoft Corp merilis browser terbaru Internet Explorer (IE) 8. Internet Explorer 8 meningkatkan kecepatan penjelajahan internet dengan fitur-fitur seperti Accelerators, Web Slices, dan Instant Search Box yang memungkinkan pengguna mendapatkan informasi baru tanpa meninggalkan halaman yang sedang dibuka.

Perkembangan browser kian hari menjadi ajang persaingan. Produsen browser berlomba-lomba membantu pengguna dalam menghemat waktu dalam penjelajahan internet dengan meningkatkan kecepatan browser dalam membuka halaman-halaman web. Sehingga pada saat ini kecepatan yang dimiliki sejumlah browser yang beredar hampir sama tinggi. Dan jika terdapat perbedaan, maka hitungannya hanya beberapa milidetik saja. Karena itu Microsoft melakukan pendekatan yang berbeda dalam pengembangan browser-nya kali ini.

Dengan mengurangi jumlah klik dan pengetikan alamat melalui IE8, Microsoft memberikan tawaran yang berbeda kepada para penggunanya. Tiga fitur yang ditambahkannya-pun diharapkan mampu meningkatkan efisiensi manusia dengan IE8. Accelerator, yang merupakan fasillitas yang diberikan kepada pengguna IE8 untuk mengakses layanan web seperti blogging, berkirim email dan bahkan menterjemahkan bahasa melalui web yang sedang dibuka. Ini berarti pengguna tidak perlu membuka halaman baru untuk mengakses layanan-layanan web tersebut.

Fitur yang kedua yang ditawarkan adalah Web Slices. Teknologi ini mirip dengan teknologi RSS, namun perbedaannya Web Slices tidak hanya memberikan tampilan visual yang lebih kaya. Pada IE8, Web Slices tampil di favorites bar,dan ketika ada informasi baru dari situs langganan maka Web Slices akan berubah menjadi bold(tebal). Dan lagi-lagi pengguna diberikan kenyamanan dengan mengklik informasi terbaru tanpa harus meninggalkan halaman yang dibuka.

Fitur ketiga adalah Instant Search Box, yang mapu menampilkan hasil pencarian dalam bentuk teks atau gambar. Kemudahan tersebut membuat pengguna tidak perlu membuka halamamn atau tab baru untuk melihat hasil pendarian. Sebab hasil pencarian dapat dilihat dari menu drop-down pada Instant Search Box yang terletak di sisi pjok kanan atas IE8.

Dari segi keamanan, IE8 telah mempersiapkan fiturnya. Melalui Smart Address Bar, dengan cara menebalkan(bold) nama utama situs, pengguna diharapkan terhindar dari penyalahgunaan situs jahat yeng memanfaatkan kalalaian pengguna dalam mengetikkan alamat. Selain itu IE8 juga mampu memberikan peringatan pengguna dengan Smart-Screen Filter. Sehingga apabila pengguna hendak membuka situs-situs yang beresiko, maka Smart-Screen Filter terlebih dahulu akan menampilakn halaman dengan peringatan berwarna merah. Dengan begitu ketika pengguna menggunakan penjelajahan internet di komputer publik, misalnya warnet, dsb, pengguna IE8 dapat mengaktifkan fitur InPrivate Browsing. Ketiak fitur tersebut aktif, maka IE8 tidak akan merekam file internet yang dibuka pengguna. Sehingga aktifitas pengguna warung internet tersebut tidak akan diketahui pengguna berikutnya. [[email protected]]

About the Author

has written 823 stories on this site.

One Comment on “IE8 Siap Kalahkan Pesaingnya”

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

Isi dan komentar tanggung jawab masing masing pengirim. Gambar yang ditampilkan dalam artikel tidak selamanya mencerminkan isi artikel atau produk .Hanya dipakai sebagai Ilustrasi berita.





Web Security Made Easy         > | © 2009   > Hosted by : Web Developer Jogja | MDU MariaDB Community |
2020 | kabarIT.com. All rights reserved.
KabarIT merupakan techno blog yang menyajikan informasi seputar IT yang hangat dan menarik. Isi dan komentar tanggung jawab masing-masing komentar. Selengkapnya...