Game, Dari Bahaya Menjadi Berguna

 

XBOX
XBOX

Kegemaran anak terhadap game seringkali meresahkan para orang tua. Bagaimana tidak, game terasa begitu mengganggu bilamana anak-anak mulai teracuni kegiatannya sampai-sampai melupakan hal-hal yang seharusnya dilakukan.

Secara serius, game dapat mengganggu aktifitas anak dalam berkreasi. Karena mereka melulu akan dihadapkan pada pilihan tombol-tombol yang mampu memenangkan poin dalam game-nya saja, tidak dengan kegiatan yang lain yang kiranya kan mampu mengasah bakat dari kegemaran  mereka.

Namun baru-baru ini, seorang ahli psikologi dari Michigan State University melihat positif sisi game bagi perkembangan anak. Menurut Linda Jackson(dikutip dari okezone), ahli psikologi tersebut, game konsol seperti Sony Playstation atau Microsoft Xbox mampu membantu anak-anak mewujudkan cita-citanya menjadi seorang ilmuwan atau ahli teknik. Ketertarikan terhadap game tersebut dapat membantu memacu meningkatkan cita-cita mereka. Karena game juga merupakan sarana latihan untuk melihat kemampuan anak di bidang sains, teknik maupun matematika.

Ketika anak-anak sudah tidak bisa lagi dibendung keinginannya untuk memainkan game-game tersebut, maka upaya yang selayaknya dilakukan agar game juga mampu menjadi pemicu dampak positf bagi perkembangan anak adalah mendorong para pengembang game agar mampu membuat game yang dapat meningkatkan kecerdasan spasial dan visual daripada membuat game yang berbau kekerasan. [Re@d]

Leave a Reply

Your email address will not be published.