Ramalan Tentang Infrastruktur TI Tahun 2014

Penawaran open source akan terus masuk ke pangsa pasar kepemilikan
Chuck Dubuque (Director, Product Marketing, Virtualization and OpenStack, Red Hat) memprediksi di tahun 2014 akan ada lebih banyak pilihan perusahaan kredibel untuk solusi yang terbuka dan dapat dioperasikan. Kita juga akan melihat pertumbuhan KVM (Kernel-based virtual machine) berkelanjutan dan teknologi-teknologi virtualisasi open source lainnya. Kita juga akan melihat teknologi seperti OpenStack, yang lebih terfokus pada cloud, dan terus berlanjut.

Adopsi sistem IaaS semakin dalam antar pelanggan perusahaan
Akan ada beberapa faktor pendorong adopsi IaaS dalam perusahaan di tahun 2014, termasuk kebutuhan untuk memaksimalkan investasi virtualisasi yang ada. Perusahaan telah berinvestasi besar dalam virtualisasi, tetapi investasi ini terancam oleh teknologi lebih baru yang mungkin tidak termasuk dalam bagian yang sama dengan solusi yang telah mereka laksanakan. Akibatnya, organisasi akan mencari cara untuk mengelola dan mengonsolidasikan infrastruktur mereka yang tidak beraturan. Hal ini akan membuat mereka beralih ke solusi IaaS, yang memungkinkan mereka untuk menggelar solusi virtualisasi yang berbeda secara bersamaan dengan cara hybrid dan terbuka.

Konvergensi akan membawa kita ke cloud yang didorong oleh bisnis
Kita akan melihat integrasi peraturan bisnis, manajemen cloud dan platform infrastruktur cloud yang memungkinkan Cloud yang Didorong Bisnis (BDC). Hal ini akan memungkinkan pengambilan keputusan tentang biaya, tingkat layanan dan alokasi sumber daya move up the stack kepada pemilik usaha. BDC adalah konvergensi dari tiga tren yang berbeda yang telah terjadi secara diam-diam selama beberapa tahun terakhir. Hal ini membatasi kelincahan bisnis dengan membatasi kontrol langsung secara real-time dan alokasi sumber daya cloud untuk kebutuhan bisnis.

 Komputasi dan konvergensi penyimpanan akan memaksa perbaikan operasional TI
Dengan lingkungan cloud privat dan SaaS yang berkembang di perusahaan-perusahaan di seluruh dunia, integrasi komputasi, jaringan dan infrastruktur penyimpanan mengubah cara layanan teknologi didefinisikan, diaktifkan dan disampaikan. Hal ini akan memerlukan pemikiran kembali alat inti TI, prinsip dan staf untuk mendukung infrastruktur terkonvergensi. Peran spesialis TI dan alat-alat yang menyertainya yang difokuskan pada silo jaringan berbasis hardware, komputasi dan layanan penyimpanan akan kembali ke pendekatan sistem yang luas dan TI akan fokus dalam memberikan dan mengelola layanan pengguna di lingkungan teknologi yang lengkap dan dari mana pun sumber mereka.

 Manajemen cloud open source akan mengganggu pasar
Manajemen cloud open source akan mengganggu dan menggusur vendor manajemen tradisional dan startup di bidang ini. Ketika Red Hat mengakuisisi ManageIQ (sekarang bagian dari Red Hat CloudForms), Red Hat berkomitmen untuk meng-open source ManageIQ. Red Hat percaya bahwa nilai besar dapat dibuka dalam ruang manajemen ini dalam bentuk sebuah ekosistem, seperti ekosistem partner untuk CloudForms, mirip dengan ekosistem Red Hat yang telah ada dari mitra OpenStack.

 Tahun Linux Kontainer
Tahun 2014 kemungkinan akan menjadi Tahun Kontainer Linux. Kontainer aplikasi yang ringan dan portabel ini hanya mencakup perpustakaan penting, runtimes dan dependensi sistem operasi yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan mereka. Namun untuk secara efektif melakukannya dibutuhkan model keamanan built-in, pengelolaan sumber daya dan penciptaan ruang nama yang ditetapkan untuk kontainer teknologi yang disediakan oleh SELinux, cgroups dan kontainer Linux (seperti Docker). Kontainer akan menjadi warga negara kelas satu. Mesin virtual belum tentu model pemisahan yang tepat untuk SaaS, tetapi kontainer bisa, mereka akan memiliki kehidupan kedua di cloud.

Virtualisasi akan meledak
Berbagai jenis virtualisasi akan terus meledak pada tahun 2014. Kita akan melihat pertumbuhan virtualisasi komputasi, terutama untuk beban kerja yang sudah virtual. Virtualisasi jaringan dan NFV (Virtualisasi Fungsi Network) juga akan menjadi lebih populer karena organisasi ingin lebih baik menangani permintaan data scale-out. Dan permintaan akan virtualisasi penyimpanan akan terus berlanjut karena organisasi mengelola biaya dan data.

 Software menentukan segalanya
Di tahun 2014 salah satu yang akan menanjak adalah jaringan yang ditentukan software/software-defined networking (SDN) atau seperti yang kita mungkin akan lihat dalam beberapa bulan mendatang, software menentukan segalanya. Jaringan yang ditentukan software (SDN) terjadi karena munculnya virtualisasi dan komputasi cloud, dengan jaringan lebih banyak ada di antara mesin virtual. Keuntungannya adalah bahwa SDN membuat jaringan mudah, memungkinkan generalis TI menangani apa yang sebelumnya menjadi domain seorang spesialis.

ISV menentukan lingkungan operasional standar virtualisasi dan cloud
Pergeseran terus berkembang ke arah virtualisasi dan cloud yang artinya perusahaan perlu mencari konstan di kedua model penggelaran baru ini pada tahun 2014. Tanpa lingkungan operasional standar di penggelaran, ISV akan mendapati mereka berjuang mati-matian baik untuk membangun maupun mendukung perangkat lunak untuk banyak platform atau memilih satu platform kepemilikan potensial yang dapat dengan mudah menempatkan mereka karena belas kasihan dari satu vendor.

Instansi pemerintahan akan meningkatkan fokus mereka pada manajemen infrastruktur dan orkestrasi
Pada tahun 2014, agen-agen federal akan lebih sedikit membeli hardware dan lebih banyak mengalokasikan sumber daya ke solusi-solusi baru untuk mengelola dan merancang infrastruktur mereka. Sementara beberapa agen-agen federal sudah memulai proses virtualisasi. Dalam beberapa tahun ke depan, akan makin banyak lagi yang pindah ke cloud publik dan mengadopsi jaringan virtual dan solusi penyimpanan.

About the Author

has written 19 stories on this site.

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

Isi dan komentar tanggung jawab masing masing pengirim. Gambar yang ditampilkan dalam artikel tidak selamanya mencerminkan isi artikel atau produk .Hanya dipakai sebagai Ilustrasi berita.





Web Security Made Easy         > | © 2009   > Hosted by : Web Developer Jogja | WebQilat |
2017 | kabarIT.com. All rights reserved.
KabarIT merupakan techno blog yang menyajikan informasi seputar IT yang hangat dan menarik. Isi dan komentar tanggung jawab masing-masing komentar. Selengkapnya...