Prosesor Quad Core Tablet dan Smartphone Android: NVIDIA Tegra 3

Pembuat chip Nvidia baru saja mengkonfirmasi peluncuran prosesor Quad Core pertama untuk tablet dan smartphone Android; Tegra 3, atau yang disebut proyek Kal-El.

Tablet pertama yang menggunakan Tegra 3 adalah Asus Eee Pad Transformer Prime, yang dijanjikan Nvidia akan memiliki kinerja lima kali lebih cepat dari Tegra 2 dan konsumsi daya lebih rendah hingga 61%.

Dalam rangka meningkatkan performa tablet dan smartphone, Nvidia juga telah menambahkan kemampuan dalam menjalankan stereo 3D, GPU (VGA) yang lebih kencang 3x lipat dari Tegra 2 sehingga setara dengan CPU kelas PC (Core2 Duo).

Di dalam Tegra 3 terdapat 4 core yang dirancang untuk performa tinggi dan 1 core yang dirancang untuk menghemat daya, teknologi ini disebut vSMP (Variable Symmetric Multiprocessing), core ke-5 yang disebut sebagai ‘companion core’ ini adalah core yang bekerja dengan kecepatan rendah, sementara core 1-4 adalah core dengan kecepatan tinggi. Kelima core yang digunakan ini berbasi ARM Cortex A9 yang dikenal berperforma tinggi.

Hasil pengujian NVidia juga menunjukkan peningkatan kinerja flash dua kali lebih cepat dengan frame rate yang lebih tinggi, tampilan video yang lebih halus, dukungan HTML 5 dan kinerja web GL tiga kali lebih cepat, peningkatan kecepatan pada editing photo dan video encoding, juga peningkatan partikel, frame rate yang lebih halus dan efek shade pada game.

Yang paling menakjubkan adalah Tegra 3 telah dirancang untuk konektivitas ke berbagai game controller seperti PS3, XBOX 360, Wii, Logitech, dan beberapa controller lainnya dinyatakan sudah bisa dipakai untuk mengendalikan game di perangkat yang menggunakan Tegra 3. Dengan menghubungan konektor HDMI 1.4 ke monitor 3D anda juga dapat memainkan game 3D stereoskopik (menggunakan monitor dan kacamata 3D).

Peningkatan lainnya adalah dengan penggunaan DDR3L-1500, LPDDR2-1066 membuat Tegra 3 mampu memiliki bandwith yang lebih besar tanpa harus membuat harga total sistem menjadi mahal. Apabila pengguna menginginkan sistem audio yang lebih baik Tegra 3 juga sudah mendukung tata suara HD audio hingga 7.1 channel sorround. Sementar itu untuk konektivitas penyimpanan Tegra 3 mendukung e.MMC 4.41, SD3.0 bahkan SATA-II.

About the Author

has written 175 stories on this site.

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

Isi dan komentar tanggung jawab masing masing pengirim. Gambar yang ditampilkan dalam artikel tidak selamanya mencerminkan isi artikel atau produk .Hanya dipakai sebagai Ilustrasi berita.





Web Security Made Easy         > | © 2009   > Hosted by : Web Developer Jogja | WebQilat |
2017 | kabarIT.com. All rights reserved.
KabarIT merupakan techno blog yang menyajikan informasi seputar IT yang hangat dan menarik. Isi dan komentar tanggung jawab masing-masing komentar. Selengkapnya...