Peneliti Menemukan Celah Keamanan di Windows 8

Meskipun Microsoft belum benar-benar merilis Windows 8 secara penuh sampai tahun depan, namun seorang peneliti bernama Peter Kleissner telah menemukan cara untuk mengeksploitasi dan menguasai sistem operasi terbaru ini.

Kleissner menciptakan sebuah bootkit yang hanya berukuran 14 kilobytes, dimana kode eksploitasi tersebut dapat melewati melewati User Account Control (UAC) dan disebut sebagai sebuah bukti dari konsep (proof-of-concept) pertama untuk menemukan kerentanan dalam Windows 8.

Eksploit ini bisa dilakukan di Windows 8 versi pengembang, yang memungkinkan seorang penyerang menjalankan command prompt di akun sistem setelah sistem terkompromi. Eksploit ini juga dapat melewati UAC secara penuh tanpa perlu masukan dari pengguna. Hal ini diduga sebagai perpanjangan dari PoC yang pernah digunakan untuk mengeksploitasi Windows XP, Vista, 7 dan Windows Server 2003.

Masalah ini kemungkinan akan ditangani oleh Microsoft sebelum peluncuran Windows 8, namun demikian dengan adanya eksploit menunjukkan bahwa Microsoft perlu masih harus terus berbenah meskipun menyatakan dirinya telah meningkatkan fitur keamanan di sistem operasi terbarunya itu.

Saat ini Microsoft sendiri telah meningkatkan keamanan Windows Defender untuk Windows 8 dengan menyertakan real-time deteksi dan perlindungan malware melalui filter sistem file, Windows 8 juga memastikan bahwa saat booting hanya kode yang tervalidasi yang dieksekusi. Beberapa peningkatan lainnya adalah perluasan fitur keamanan pada browser untuk seluruh platform dan peningkatan filter SmartScreen.

About the Author

has written 175 stories on this site.

2 Comments on “Peneliti Menemukan Celah Keamanan di Windows 8”

  • regent,pekanbaru wrote on 28 November, 2011, 14:29

    yeahhh its cool

  • ekky,purworejo wrote on 28 November, 2011, 14:59

    ok …..

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

Isi dan komentar tanggung jawab masing masing pengirim. Gambar yang ditampilkan dalam artikel tidak selamanya mencerminkan isi artikel atau produk .Hanya dipakai sebagai Ilustrasi berita.





Web Security Made Easy         > | © 2009   > Hosted by : Web Developer Jogja | WebQilat |
2017 | kabarIT.com. All rights reserved.
KabarIT merupakan techno blog yang menyajikan informasi seputar IT yang hangat dan menarik. Isi dan komentar tanggung jawab masing-masing komentar. Selengkapnya...