Cloud Shedder, Solusi Penyimpanan Data Paling Aman

Masalah penyimpanan data digital sangat penting, penyimpanan di PC ataupun laptop jelas-jelas tidak aman jika tidak mem backup nya di lain tempat karena rawan dengan pencurian data yang disalahgunakan, walaupun ada cara dengan enkripsi data ataupun menghapusnya secara remote, tapi hal ini tidak sempurna.

Melakukan penyimpanan data berbasis cloud ternyata juga tidak seaman yang dibayangkan, dimana pencurian data juga bisa dilakukan oleh hacker bahkan pemilik cloud storage itu sendiri, seperti kasus yang dialami Sony Play Station Network.

Dengan adanya kasus-kasus data seperti ini, para peneliti mencari cara baru untuk menutupi celah bagi hacker maupun pemilik cloud storage sendiri yang disebut Cloud Shredder.

Cloud Shredder adalah sebuah sistem penyimpanan yang mengkombinasikan dua jenis penyimpanan data yaitu 50% di komputer dan 50% di cloud storage, teknologi ini dibuat oleh Nan Zhang, Jiwu Jing dan Peng Liu dari Chinese Academy of Sciences.

Cara kerjanya adalah dengan membagi data menjadi dua bagian, dimana bagian pertama ditaruh di perangkat lokal (PC atau laptop pengguna) dan bagian kedua di remote server semacam Dropbox. Dari sisi pengguna pemanfaatan Cloud Shredder ini tentu saja harus menggunakan internet, karena untuk bisa mengakses, membuat, ataupun menghapus file link ke server harus harus bekerja/aktif, jika link rusak tentu saja setengah file tidak akan bisa diakses atau terbaca lagi.

Sehingga cara ini dinilai memang sangat aman, karena untuk mengakses file maka kedua file tersebut harus disatukan kembali dengan syarat link tetap terhubung. Maka seandainya ada orang yang mencuri data di perangkat lokal 50% data yang ada di cloud storage tidak bisa dibuka (rusak) begitu juga sebaliknya. Dan agar data yang dicuri di salah satu penyimpanan tidak dapat terbaca sama sekali kita tinggal menghapus file yang ada di perangkat lokal maupun di server.

Saat ini Cloud Shredder belum hadir sebagai layanan sungguhan. Namun telah diuji coba untuk file PDF dan dokumen OpenOffice, tetapi kedepannya semua jenis file bisa digunakan.

About the Author

has written 175 stories on this site.

One Comment on “Cloud Shedder, Solusi Penyimpanan Data Paling Aman”

  • Ongki, Kalimantan wrote on 4 November, 2011, 13:16

    kalo di kota besar bisalah diimplementasi tapi di kota kecil… jangan harap… apa lagi di indonesia…yang pelit Bandwith…. Trus… kalo pengolahan data yang besar gimana?

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

Isi dan komentar tanggung jawab masing masing pengirim. Gambar yang ditampilkan dalam artikel tidak selamanya mencerminkan isi artikel atau produk .Hanya dipakai sebagai Ilustrasi berita.





Web Security Made Easy         > | © 2009   > Hosted by : Web Developer Jogja | WebQilat |
2018 | kabarIT.com. All rights reserved.
KabarIT merupakan techno blog yang menyajikan informasi seputar IT yang hangat dan menarik. Isi dan komentar tanggung jawab masing-masing komentar. Selengkapnya...