Ubuntu Siapkan Kehadirannya di Smartphone dan Tablet

Dilaporkan oleh Zdnet dan dikutip , KabarIT Minggu (30/10), Canonical perusahaan dibalik Ubuntu Linux, berencana memperluas Ubuntu ke ranah smartphone, tablet dan smart TV, dengan rencana jangka pendek untuk membuat Ubuntu 12.04 dan ditargetkan akan dirilis untuk seluruh platform komputasi pada tahun 2014.

Mark Shuttleworth, pendiri Canonical, dalam sebuah wawancara mengatakan, “Ini adalah perluasan alami dari ide Ubuntu Linux sebagai ‘Human beings’. Orang-orang telah berpindah dari destkop ke sebuah bentuk baru dari komputasi, penting bagi kita untuk menjangkau masyarakat keluar dari platform ini. Jadi, kami akan merangkul tantangan bagaimana menggunakan Ubuntu pada smartphone, tablet dan smart tv,” pengumuman resmi akan disampaikan oleh Shuttleworth dalam Ubuntu Developer Summit di Orlando, Florida.

Setelah berdiskusi dengan mitra selama 18 bulan, rencana untuk membawa Ubuntu dalam ruang smartphone dan tablet ini bukan sekedar angan-angan saja. Semenjak diluncurkannya Unity sebagai destkop invorenment bawaan Ubuntu, Shuttleworth menyatakan seluruh bagian dari Unity memiliki visi desain yang kuat untuk berbagai platform, “Kami juga sudah mendengar keinginan orang yang mengirimkan tablet bahwa mereka menginginkan Ubuntu pada tablet” sehingga “Ubuntu sudah memiliki pengembang dan basis pelanggan” imbuhnya.

Timbul pertanyaan bagaimana Ubuntu dapat meraih pangsa pasar yang telah dikuasai oleh Android dan Apple iOS?. Shuttleworth mengatakan bahwa ia melihat “Android sebagai pesaing utama, tetapi dari sudut pandang industri, keputusan Google untuk mengakuisisi Motorola Mobility telah mengguncang para vendor perangkat keras, sehingga beberapa dari mereka mencari alternatif non-Android”.

smart TV adalah celah yang paling luas untuk Ubuntu, karena perhatian untuk perangkat lunak internal smart TV masih kurang. Kebanyakan orang lebih memperhatikan merek eksterior seperti Sony, Samsung atau LG dan bukan apa yang ada didalamnya.

Pendiri Canonical itu menyatakan akan menekan tenggat waktu dan berinovasi, sehingga dapat memberikan rencana dan produk yang baik nantinya.

About the Author

has written 175 stories on this site.

2 Comments on “Ubuntu Siapkan Kehadirannya di Smartphone dan Tablet”

  • andrian wrote on 8 November, 2011, 17:36

    luar biasa sekali Canonical, misi ini juga akan membuat Open Source semakin dikenal banyak masyarakat…

Trackbacks

  1. Ubuntu Telah Hadir untuk Android

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

Isi dan komentar tanggung jawab masing masing pengirim. Gambar yang ditampilkan dalam artikel tidak selamanya mencerminkan isi artikel atau produk .Hanya dipakai sebagai Ilustrasi berita.





Web Security Made Easy         > | © 2009   > Hosted by : Web Developer Jogja | WebQilat |
2017 | kabarIT.com. All rights reserved.
KabarIT merupakan techno blog yang menyajikan informasi seputar IT yang hangat dan menarik. Isi dan komentar tanggung jawab masing-masing komentar. Selengkapnya...