Ini Dia Fitur Baru “Ice Cream Sandwich” Android

Seperti yang di kabarkan sebelumnya, akhirnya Google dan Samsung resmi meluncurkan sistem operasi mobile Android 4.0 “Ice Cream Sandwich” yang di tanamkan pada smartphone Galaxy Nexus, Rabu (19/10/2011).

Dengan navigasi multitasking yang mudah, kaya notifikasi, home screen yang dapat dikostumisasi, widget yang dapat diubah ukurannya, interaktivitas yang mendalam dan cara-cara baru yang kuat untuk berkomunikasi serta berbagi, Android 4.0 dibangun dengan berbagai fitur baru bagi para pecinta Android.

Berikut adalah 6 fitur baru yang populer dari “Ice Cream Sandwich”

1. Android Beam 

Fitur ini memanfaatkan teknologi NFC (Near Field Communication) yang memungkinkan pengguna untuk dapat berbagi informasi lebih nyaman. Pengguna hanya perlu menekan dua perangkat yang kompatibel bersama-sama maka informasi seperti link, kontak dan lokasi peta akan di transfer. Selain itu pengguna juga dapat mentransfer aplikasi dengan mengarahkan informasi yang di dapat ke Android market, dimana pengguna dapat mengunduh aplikasi yang di maksud dari informasi tersebut.

Saat ini fitur Beam hanya dalam aplikasi standar Google, namun perusahaan akan merilis API sehinga pengembang pihak ketiga dapat menggunakan fitur ini juga.

2. Peningkatan Aplikasi Kamera dan Editing

Aplikasi kamera di Android 4.0 telah dirombak, menambahkan banyak fitur baru. Dalam Nexus Galaxy terdapat fitur “Zero shutter lag” diamana pengguna dapat mengambil foto secara terus menerus dengan resiko kehilangan sebuah gambar lebih kecil.

Sebuah fitur panorama shoot juga telah ditambahkan, sehingga pengguna hanya perlu memutar/mengikuti sebuah adegan/pemandangan dan ponsel akan menggabungkan/menjahit untuk membentuk sebuah foto panorama.

Fitur editing photo langsung pada Android juga telah ditambahkan, sehingga perintah dasar seperti memotong, memutar dan mempertajam gambar dapat dengan mudah dilakukan. Selain itu juga ada filter sehingga efek kreatif dapat ditambahkan.

3. Face Unlock

Hampir sama dengan fitur pada beberapa notebook, pengguna dapat membuka lock ponsel mereka dengan menggunakan kamera bagian depan. Perangkat bekerja dengan cara mendeteksi wajah pemakai dan memastikan apakah itu benar-benar pengguna yang terdaftar untuk mengakses ponsel tersebut.

4. Voice Typing

Android memiliki kemampuan pengenalan suara yang memungkinkan pengguna melakukan pencarian dengan berbicara ke ponsel. Pada “Ice Cream Sandwich” fitur ini diperluas sehingga pengguna dapat mendikte teks yang akan tertulis.

5. People App

Kontak pada Android 4.0 telah diperbaharui dengan People App yang mengintegrasikan rincian kontak dengan jejaring sosial dalam antarmuka baru. Hal yang pertama akan anda lihat adalah profil “Me”, yang memungkinkan pengguna menambahkan rinciannya sendiri, tepat di bagian atas daftar. Setelah itu rincian yang relevan dari layanan seperti Facebook dan Google+ akan muncul untuk semua teman anda.

6. Life Effects

Life Effects adalah kumpulan dari transformasi grafis yang menambah daya tarik dan menyenangkan untuk video yang di ambil di aplikasi kamera. Sebagai contoh, pengguna dapat mengubah latar belakang pada setiap gambar. Terdapat juga satu set efek morphing yang menggunakan state-of-the-art pengenalan wajah dan GPU filter yang menambahkan efek wajah yang konyol seperti mata kecil, hidung besar, wajah gepeng saat anda merekam video secara langsung.

Selain 6 fitur populer di atas beberapa fitur tambahan menarik lainnya adalah

  • Virtual buttons, memungkinkan pengguna menavigasi secara langsung untuk menuju Back, Home atau New App.
  • Membuat folder untuk mengkategorikan aplikasi pengguna hanya dengan drag aplikasi satu sama lain.
  • Sebuah tab baru untuk membolak-balik widget pengguna.
  • Aplikasi kalender yang mendukung pinch-to-zoom.
  • Dukungan pencarian secara offline pada Gmail, preview dua baris dan dukungan gerakan untuk menggeser antar percakapan.
  • Tampilan Gmail yang diperbaharui memiliki action baru untuk membuat email, melakukan pencarian dan mengakses label.
  • Mengambil screenshot hanya dengan menekan tombol power atau volume bagian bawah.
  • Request destkop site” pada browser Chrome membuka versi lengkap dari sebuah situs web dan memiliki sinkronisasi dengan bookmark pengguna.
  • Menyimpan halaman situs web secara online dan dukungan hingga 16 tab dalam satu browser.
  • Koreksi keyboard error dan inline spell check yang lebih akurat.
  • Akses aplikasi langsung dari layar dalam modus terkunci.
  • Ikon aplikasi baru.
  • Jenis font baru “Roboto”.
  • Menghapus pemberitahuan individu hanya dengan drag notifikasi keluar menu pemberitahuan.
  • Peningkatan integrasi suara, copy dan paste.
  • Pilihan Data Usage dalam menu pengaturan, akan memberitahu pengguna ketika mereka mendekati batas penggunaan data dan menonaktifkan fitur ketika batas tersebut tercapai.
  • Respon cepat untuk panggilan masuk, pengguna dapat mengirim tanggapan berupa teks hanya dengan menggeser tombol kontrol tanpa perlu membukan modus kunci atau mengangkat telepon yang masuk.

About the Author

has written 175 stories on this site.

2 Comments on “Ini Dia Fitur Baru “Ice Cream Sandwich” Android”

  • buka kantor wrote on 20 October, 2011, 12:50

    weh bagus – bagus nih infonya

  • Indrayana wrote on 15 December, 2011, 14:25

    keren nih

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

Isi dan komentar tanggung jawab masing masing pengirim. Gambar yang ditampilkan dalam artikel tidak selamanya mencerminkan isi artikel atau produk .Hanya dipakai sebagai Ilustrasi berita.





Web Security Made Easy         > | © 2009   > Hosted by : Web Developer Jogja | WebQilat |
2017 | kabarIT.com. All rights reserved.
KabarIT merupakan techno blog yang menyajikan informasi seputar IT yang hangat dan menarik. Isi dan komentar tanggung jawab masing-masing komentar. Selengkapnya...