Tips Hindari Kolab Virus Facebook Chat Sending JPG

Facebook (FB), sang raja jejaring sosial memang sangat fantastis. Tidak hanya membuat iri para pesaing-nya seperti Google yang sudah sejak 2 bulan lebih telah meluncurkan produk Google+, tetapi juga memiliki daya tarik yang sangat besar bagi dunia internet. Hampir semua kalangan memiliki yang namanya akun Facebook.  Tidak seperti aplikasi jejaring sosial sebelumnya yang hanya dinikmati para anak muda, FB hampir dipunyai oleh semua orang, dari anak kecil, ABG, yang muda, anak sekolah, mahasiswa, guru, pegawai kantor, artis, hingga pejabat pemerintah di negeri ini. Hingga kini, Indonesia merupakan negara ke-2 pengguna FB di seluruh dunia. (lihat gambar 1)

,

Hebatnya, akun Facebook yang di infeksi oleh virus tidak mengalami perubahan sama sekali. Bahkan tidak ada pop up FB Chat yang terbuka. Yang dibutuhkan oleh virus ini hanyalah akun Facebook tersebut sedang login saja. Kemungkinan besar hal ini terjadi supaya korban virus tidak menyadari kalau komputernya telah terinfeksi oleh Kolab/Click1 dan menyebarkan banyak sekali FB Chat ke kontak-kontak Facebooknya yang mengarahkan untuk mendownload virus ini.

Jika Anda meng-klik link pada pesan chat tersebut, maka secara otomatis file akan terdownload ke dalam komputer Anda. Dan jika Anda menjalankan file tersebut, maka komputer Anda sudah pasti telah terinfeksi.

Tips Hindari Kolab/Click1

  • Berikut beberapa tips bagi Anda jika tidak ingin terinfeksi dan menjadi korban dari worm/rootkit ini
  • Hindari melakukan klik pada link yang dikirim pada Anda, baik melalui pesan chat FB atau status.
  • Beritahukan pada teman Anda, bahwa komputer tersebut telah terinfeksi virus, dan segera lakukan update dan scan komputer dengan antivirus yang terupdate.
  • Jangan melakukan copy link atau melakukan pemberitahuan disertai link tersebut, karena dengan begitu Anda justru ikut menyebarkan link yang mengandung virus tersebut.
  • Jangan meninggalkan FB Anda dalam keadaan aktif/login, sebaiknya Anda logout dahulu hingga Anda kembali.
  • Gunakan Secure HTTP / HTTPS pada saat Login FB, hal ini agar FB Anda tidak mudah diakses oleh orang lain disekitar Anda.
  • Vaksinis sedang melakukan test ekstensif pada virus ini di laboratorium virus Vaksincom. Nantikan artikel berikut yang akan menggali lebih dalam tentang virus ini serta cara membasminya.

Salam
Ad Sap
info@vaksin.com


 

 

 

 

 

About the Author

has written 100 stories on this site.

One Comment on “Tips Hindari Kolab Virus Facebook Chat Sending JPG”

  • fargo wrote on 20 September, 2011, 7:54

    nice info gan….sukses slalu n update slalu infonya…numpang copas infonya gan..hehehe

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

Isi dan komentar tanggung jawab masing masing pengirim. Gambar yang ditampilkan dalam artikel tidak selamanya mencerminkan isi artikel atau produk .Hanya dipakai sebagai Ilustrasi berita.





Web Security Made Easy         > | © 2009   > Hosted by : Web Developer Jogja | WebQilat |
2017 | kabarIT.com. All rights reserved.
KabarIT merupakan techno blog yang menyajikan informasi seputar IT yang hangat dan menarik. Isi dan komentar tanggung jawab masing-masing komentar. Selengkapnya...