Secure Boot Windows 8 Akan Blok dual-booting Linux?

Seorang karyawan Red Hat mengatakan, fitur baru booting aman atau secure boot yang akan dijalankan Microsoft pada Windows 8 bisa menghalangi pengguna untuk menjalankan dual booting Linux dan Windows 8 pada PC mereka.

Benar atau salah, para eksekutif Microsoft belum berkomentar meskipun banyak yang menganggapnya benar. Dikutip oleh KabarIT dari Zdnet, Jumat (23/09/2011), Matius Garrett manajemen dan pengembang Linux mobile di Red Hat, menjelaskan tentang bagaimana sistem Unified Extensible Firmware Interface (UEFI) dan secure boot Microsoft, berpotensi menggagalkan mereka yang ingin menjalankan dual boot Linux dan Windows 8 pada PC Windows 8 mereka. Garrett juga menyimpulkan “kita belum layak untuk panik, tetapi hal ini perlu di khawatirkan.”

Berikut adalah kebijakan Microsoft dalam sebuah postingan blognya mengenai sistem UEFI:

  • Semua firmware dan perangkat lunak dalam proses boot harus ditandatangani oleh Certificate Authority (CA)
  • Berlaku untuk klien Windows 8
  • Tidak memerlukan Trusted Platform Module (TPM)
  • Mengurangi kemungkinan adanya bootkits, rootkit dan ransomware

Garrett kembali menjelaskan mengenai kebijakan Microsoft, “Microsoft mensyaratkan bahwa seluruh mesin yang akan menjalankan Windows 8 harus berlogo Windows dengan fitur secure boot diaktifkan. Terdapat dua alternatif, yang pertama bahwa Windows akan di lisensi oleh Microsoft dan lisensi tersebut disertakan dengan seluruh sistem mesin, yang kedua masing-masing OEM (Original Equipment Manufacturer) memasukkan lisensi mereka sendiri dengan syarat menandatangani pra-instal versi Windows. Hal ini berarti setiap mesin yang berlisensi Microsoft dan OEM yang menjalankan Windows tidak akan bisa melakukan boot salinan generik dari Linux.”

Tetapi sebuah situs Ars Technica mengambil kesimpulan “Pada akhirnya, kebijakan yang akan diterapkan pada Windows 8 tidak mungkin untuk menghapus dual-boot Linux, tetapi Microsoft bisa saja membatasi jenis hardware yang bisa digunakan”, meskipun sampai saat ini Microsoft masih menjaga kerahasiaan seluruh rencana untuk Windows 8, dan belum memberikan tanggapan.

About the Author

has written 175 stories on this site.

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

Isi dan komentar tanggung jawab masing masing pengirim. Gambar yang ditampilkan dalam artikel tidak selamanya mencerminkan isi artikel atau produk .Hanya dipakai sebagai Ilustrasi berita.





Web Security Made Easy         > | © 2009   > Hosted by : Web Developer Jogja | WebQilat |
2017 | kabarIT.com. All rights reserved.
KabarIT merupakan techno blog yang menyajikan informasi seputar IT yang hangat dan menarik. Isi dan komentar tanggung jawab masing-masing komentar. Selengkapnya...