Para Astronot Temukan 50 Planet Baru

Para astronom Eropa pada Senin, 12 September 2011 kemarin telah menemukan 50 planet baru, 16 diantarnya termasuk Super-Earth yang berpotensi untuk dihuni. Penemuan ini diperoleh dengan menggunakan sebuah teleskop yang memiliki akurasi kecepatan tinggi terhadap pencarian planet, yang disebut High Accuracy Radical velocity Planet Searcher (HARPS) di Chile.

Tidak seperti pesawat ruang angkasa Kepler milik NASA yang mencari kemungkinan adanya planet baru dengan melihat bayangan ketika melewati matahari seperti bintang, HARPS melihat beberapa planet baru dengan teknik yang sama sekali berbeda. HARPS adalah sebuah spektograf, yaitu instrumen yang mengambil cahaya dari obyek yang jauh dan mengelompokkanya ke dalam irisan sangat tipis dan panjang gelombang, seperti pelangi dengan seratus ribu warna. Selama delapan tahun terakhir, instrumen ini telah membantu menemukan sekitar 150 planet baru.

Dikutip oleh kabarIT dari Mashable, Selasa (13/9/2011), sesuatu yang menarik dari Super-Earth adalah planet dengan massa dan ukuran lebih besar dari Bumi, namun tidak sebesar Neptunus dan tidak setinggi Jupiter juga Saturnus. Planet-planet ini mengorbit matahari seperti bintang-bintang yang dinilai penting untuk berlangsungnya sebuah kehidupan. Suhu di planet yang dinilai masuk dalam kategori Super-Earth ini diperkirakan sekitar 25 derajat Celsius atau 77 Fahrenheit, namun Lisa Lisa Kaltanegger astronom dari Max Planck Institute di Jerman juga mengatakan kepada The Associated Press, planet akan lembab dan bisa mencapai suhu sekitar 49 derajat Celcius atau 120 derajat Fahrenheit.

Dibalik segala kontroversi yang ada, HARPS akan lebih menegaskan keberadaan Super-Earth melalui kerjasama dengan pemburu exoplanet baru, yang dikenal sebagai Echelle Spectrograph for Rocky Exoplanet and Stable Spectroscopic Observations (ESPRESSO). ESPRESSO akan mulai mengitari langit untuk mencari planet baru pada tahun 2016 mendatang. Instrumen baru ini dinilai memiliki akurasi pencarian yang lebih tinggi dengan melihat lebih dekat planet-planet yang memiliki banyak kesamaan dengan Bumi.

About the Author

has written 175 stories on this site.

5 Comments on “Para Astronot Temukan 50 Planet Baru”

  • Sepatu Safety wrote on 14 September, 2011, 20:01

    wow mantab, semoga cepat divalidasi lebih lanjut untuk menjadi “earth” masa depan….hehehe….

  • Oktrisa, Manado wrote on 15 September, 2011, 17:56

    that’s unbelieveble… O.o

  • Arga Saputra wrote on 15 September, 2011, 20:40

    This is good,,, smga planet itu bisa sgra kta tinggali, karena kan bumi sudah mulai rusak?

  • Charles daswin wrote on 17 September, 2011, 10:43

    sama aj kali planet itu juga pling kita rusakin lg

  • dhewi adja wrote on 21 October, 2011, 9:30

    wow.!!!….amazing …great!!!!!!!

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

Isi dan komentar tanggung jawab masing masing pengirim. Gambar yang ditampilkan dalam artikel tidak selamanya mencerminkan isi artikel atau produk .Hanya dipakai sebagai Ilustrasi berita.





Web Security Made Easy         > | © 2009   > Hosted by : Web Developer Jogja | WebQilat |
2019 | kabarIT.com. All rights reserved.
KabarIT merupakan techno blog yang menyajikan informasi seputar IT yang hangat dan menarik. Isi dan komentar tanggung jawab masing-masing komentar. Selengkapnya...