Robot Lovotics Memiliki Kemampuan ‘Mencintai’ Seperti Manusia

Hooman Samani dan tim peneliti di National Univeristy of Singapore telah mengembangkan sebuah robot yang dirancang untuk “meniru kemampuan manusia untuk mencintai”, menurut sebuah video yang di posting oleh Reuters.

Robot ini tidak berbentuk seperti manusia, tetapi terlihat seperti bola bulat yang dibungkus dengan bulu berwarna putih, dan mengedipkan warna lampu yang berbeda beda ketika sedang merasakan jatuh cinta. Mikrofon dan kamera yang terpasang memungkinkan robot ini dapat mengenali user/manusia dan diharapkan dapat membangun hubungan jangka panjang.

Dikutip dari Technology Review, nama Lovotics adalah nama yang  diberikan Samani untuk studinya mengenai manusia dan ‘robot cinta’ yang bertujuan untuk melakukan penelitian tentang “cinta antara robot dan manusia–realistis, asli dan merupakan inspirasi cinta secara biologis”.

Popular Science menjelaskan hubungan cinta antara manusia dan robot secara psikologis bahwa, sama halnya seperti hubungan cinta antar manusia hubungan robot dan manusia juga didasarkan pada interaksi yang mereka lakukan. Robot dapat merasakan bosan, marah, cemburu, sayang dan bahagia, semua didasarkan pada bagaimana manusia berinteraksi dengan si robot. Sebagian besar dari interaksi itu berlangsung melalui sentuhan.

About the Author

has written 175 stories on this site.

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

Isi dan komentar tanggung jawab masing masing pengirim. Gambar yang ditampilkan dalam artikel tidak selamanya mencerminkan isi artikel atau produk .Hanya dipakai sebagai Ilustrasi berita.





Web Security Made Easy         > | © 2009   > Hosted by : Web Developer Jogja | WebQilat |
2017 | kabarIT.com. All rights reserved.
KabarIT merupakan techno blog yang menyajikan informasi seputar IT yang hangat dan menarik. Isi dan komentar tanggung jawab masing-masing komentar. Selengkapnya...