Pesan Gelap: Merapi akan Bumi Hanguskan Yogya beredar via SMS dan Ym

 

Banyak pesan pendek beredar lewat sms dan YM  berisi pesan bahwa Gunung Merapi akan bumi hanguskan Yogyakarta .Dan yang lebih meresahkan  lagi, pesan tersebut itu dinyatakan bersumber dari Badan Mitigasi Klimatologi Geofisika  (BMKG ) atau BMG.

Beberapa jam setelah terjadi erupsi pukul 17.02 ( 26/10), penulis mendapatkan pesan via ym ” .. merapi telah mengalami eksplosif pada pukul 18.00 WIB. Untuk warga jogja dan sekitarnya kalo bisa malam ini jangan tidur terlalu pulas…karena diperkirakan merapi meletus dini hari dan diperkirakan juga arah abu vulkanik ke arah selatan bunung merapi dan kemungkinan jogja akan banjir oleh abu panas vulkanik… sangat dianjurkan memakai masker karena abu vulakanik ini bisa berbahaya untuk kesehatan…

Pesan senada menyebar juga lewat sms “…info dari kpla BMG, merapi akan mengalami mengalami eksplosif pada pukul 18.00 WIB. Untuk warga jogja dan sekitarnya kalo bisa malam ini jangan tidur terlalu pulas…karena diperkirakan merapi meletus dini hari …

Pesan yang beredar lewat web, sms atau ym memang cukup janggal. Selain bisa memprediksi jam explosif merapi, Pesan tersebut mengatasnamakan kepala BMG sedangkan sepatutnya yang memberi peringatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana  Geologi (PVMBG) .

Menyangkut isu tersebut, kabarIT mengutip dari Republika, Kepala Balai Penyelidikan Pengembangan Teknologi  Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta, Subandrio, membenarkan merebaknya sms gelap itu di tengah-tengah masyarakat. Pihaknya sendiri banyak menerima telpon dari warga yang mempertanyakan kebenaran berita tersebut.

“Saya pastikan tidak akan terjadi letusan sebesar itu. Karena pada puncak Merapi telah terlihat titik api,” tegasnya. Hal ini berarti, kubah baru akan terbentuk di puncak Merapi karena adanya aliran lava. Itu pun tidak perlu dikhawatirkan. Namun begitu, ia mengingatkan status Merapi masih dalam keadaan ‘Awas’. Radius 10 kilometer di bawah puncak, harus tetap dikosongkan. “Para pengungsi harus tetap berada di tempat pengungsian,” imbuhnya. [j@e]

About the Author

has written 100 stories on this site.

5 Comments on “Pesan Gelap: Merapi akan Bumi Hanguskan Yogya beredar via SMS dan Ym”

  • adeethunix wrote on 29 October, 2010, 16:40

    BMKG itu Badan Mitigasi Klimatologi dan Geofisika atau Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ?? soalnya sering keluar di soal ujian nih..

    CMIIW :D

  • triyadi wrote on 29 October, 2010, 16:43

    wah parah ni pak admin, kayaknya anda yang melebih-lebihkan,

    isi sms “merapi telah mengalami eksplosif pada pukul 18.00 WIB. Untuk warga jogja dan sekitarnya kalo bisa malam ini jangan tidur terlalu pulas…karena diperkirakan merapi meletus dini hari dan diperkirakan juga arah abu vulkanik ke arah selatan bunung merapi dan kemungkinan jogja akan banjir oleh abu panas vulkanik… sangat dianjurkan memakai masker karena abu vulakanik ini bisa berbahaya untuk kesehatan…”

    kesimpulan perkiraan hanya hujan abu yang sampai di jogja tapi anda malah memberi judul “Merapi akan Bumi Hanguskan Yogya”

    > perhatikan kata kata ” banjir oleh abu panas vulkanik

    Dan baca sumber Artikelnya
    SMS Gelap: Merapi akan Bumi Hanguskan Yogyakarta
    http://www.republika.co.id/berita/breaking-news/nusantara/10/10/29/143231-sms-gelap-merapi-akan-bumi-hanguskan-yogyakarta

  • Ifat wrote on 31 October, 2010, 10:09

    duh disini merapi di rumah anak krakatau, apa pun kata mereka kita juga tetap harus waspada

  • putraMu wrote on 5 November, 2010, 8:53

    Merapi meletus td mlm, jl. nusa indah pun hujan pasir..!!! mlm2 g bs tdr dengerin gemuruh merapi.!!! rsa tkut menghantui..? jogja pun semakin mencekam dimlm hari..! Mo klar jln pnuh debu, kuliah jd srasany g nyaman lgi..?stikes bestesda akhirNy mlai bsk Meliburkan mahasiswaNy 1 minggu. La kpn yc amikom ngliburin mahsiswaNy??? sjk Letusan merapi jum’at dini hari!!!!

  • jojo wrote on 5 November, 2010, 8:57

    Lama-lama tinggal dijogja takut?!
    dikira geluduk(petir hujan) eh mlm2 merapi yg bunyi gemuruh..
    tvone pun beritakan radius aman 20km..

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

Isi dan komentar tanggung jawab masing masing pengirim. Gambar yang ditampilkan dalam artikel tidak selamanya mencerminkan isi artikel atau produk .Hanya dipakai sebagai Ilustrasi berita.

You must be logged in to post a comment.






Web Security Made Easy         > | © 2009   > Hosted by : JWC | WebQilat |
2014 | kabarIT.com Neo. All rights reserved.
KabarIT merupakan techno blog yang menyajikan informasi seputar IT yang hangat dan menarik. Isi dan komentar tanggung jawab masing-masing komentar. Selengkapnya...