Biometric ATM, Solusi Keamanan ATM

ATM merupakan sebuah alat yang sangat membantu masyarakat saat ini untuk mengelola keuanganya. Berbagai transaksi keuangan dapat dilakukan dengan mesin ini. Namun beberapa kasus pemalsuan kartu ATM telah merugikan banyak pengguna ATM.

Dilansir KabarIT dari CNN, Poland’s cooperative BPS bank telah mengumumkan sebuah teknologi baru ATM. Bank ini menggunakan sebuah teknologi dengan nama “finger vein”. Finger vein merupakan sebuah deteksi biometric mikro vena yang ada di bawah permukaan jari. Sinar infra merah yang dilewatkan pada jari, akan mendeteksi mikro vena yang bersifat unik dari setiap manusia. Data dari mikro vena ini akan dicocokan dengan data anggota ATM.

Tidak seperti sidik jari yang meninggalkan jejak dan dapat berpotensi direproduksi. Mikro vena tidak mungkin untuk ditiru, karena berada di bawah permukaan kulit. Mikro vena tidak meninggalkan jejak fisik seperti deteksi scan iris mata.

Teknologi ini merupakan sebuah teknologi dari Jepang yang dikembangkan oleh Hitachi. Teknologi ini menjadi sangat populer di Jepang setelah lulus dari undang-undang pada tahun 2006. Sekarang ada lebih dari 80.000 ATM biometrik di Jepang, yang digunakan oleh lebih dari 15 juta penggiuna ATM. MaSuk


About the Author

has written 436 stories on this site.

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

Isi dan komentar tanggung jawab masing masing pengirim. Gambar yang ditampilkan dalam artikel tidak selamanya mencerminkan isi artikel atau produk .Hanya dipakai sebagai Ilustrasi berita.





Web Security Made Easy         > | © 2009   > Hosted by : Web Developer Jogja | WebQilat |
2018 | kabarIT.com. All rights reserved.
KabarIT merupakan techno blog yang menyajikan informasi seputar IT yang hangat dan menarik. Isi dan komentar tanggung jawab masing-masing komentar. Selengkapnya...