Alasan Stive Jobs “Ogah” Menggunakan Adobe Flash Pada iPhone dan iPad

flash-player-iphone copyiPhone merupakan sebuah smart phone karya Apple yang sangat canggih. Dilengkapi hardware yang sangat canggih menjadikan iPhone sebagai produk yang sangat dinanti. Namun kita ketahui bersama iPhone tidak dapat menjalankan Adobe Flash. Banyak aplikasi dan web-web yang menggunakan Adobe Flash tidak dapat berjalan pada iPhone. Banyak kritikan dan keluhan akibat tidak supportnya Adobe Flash pada iPhone.

Namun Stive Jobs CEO Apple punya alasan tersendiri. Ini bukan sebuah kekurangan dari iPhone, namun sebenarnya kelebihan iPhone. Apple memutuskan menggunakan HTML 5 yang lebih canggih dibanding dengan menggunakan Adobe Flash. Stive Job ingin meninggalkan teknologi yang dia anggap usang dan menggantinya dengan teknologi HTML 5 yang lebih canggih untuk pengembangannya ke depan.

“Flash dibuat pada era PC, sedangakan standar terbuka baru diciptakan di era mobile, seperti HTML5, akan menang pada perangkat mobile (dan PC juga). Mungkin Adobe harus lebih fokus pada menciptakan alat besar HTML5 untuk masa depan, dan mengurangi mengkritik Apple untuk meninggalkan masa lalu. ” kata Stive Jobs dalam suratnya (Dilansir KabarIT dari Cnet)

Selain alasan ini, Stive Job ingin mengurangi ketergantungan pengembangan platform pada pihak ketiga dan lebih mengutamakan pengembangan platform sendiri.  Ketergantungan ini menghambat dan kemajuan dari pengembangan platform yang ada dan hanya menguntungkan peihak ketiga.

“Kita tahu dari pengalaman yang menyakitkan bahwa membiarkan lapisan pihak ketiga perangkat lunak datang antara platform dan pengembang aplikasi pada akhirnya akan kurang lancar, dan menghambat peningkatan dan kemajuan dari platform. Jika pengembang tumbuh tergantung pada pengembangan library pihak ketiga dan alat-alat mereka , mereka hanya bisa mengambil keuntungan dari platform perangkat tambahan dan ketika pihak ketiga memilih untuk mengadopsi fitur-fitur baru, “kata Jobs.

Jobs juga mengungkapkan penggunaan Flash dapat menyebabkan melemahnya daya baterai, tidak mendukung antarmuka multitouch, menimbulkan resiko keamanan, dan tidak stabil.

“Flash adalah  alasan nomor 1 yang meyebabkan Mac crash ,” kata Jobs. MaSuk

About the Author

has written 436 stories on this site.

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

Isi dan komentar tanggung jawab masing masing pengirim. Gambar yang ditampilkan dalam artikel tidak selamanya mencerminkan isi artikel atau produk .Hanya dipakai sebagai Ilustrasi berita.





Web Security Made Easy         > | © 2009   > Hosted by : Web Developer Jogja | WebQilat |
2017 | kabarIT.com. All rights reserved.
KabarIT merupakan techno blog yang menyajikan informasi seputar IT yang hangat dan menarik. Isi dan komentar tanggung jawab masing-masing komentar. Selengkapnya...