Prodigits, Jari Tangan Bionik Untuk Para Penyandang Cacat

8dec09kjba3r4421

Perkembangan dunia robot dipadukan dengan dunia kesehatan mengasilkan sesuatu yang baru, yaitu Jari Tangan Bionik. Alat yang disebut dengan Prodigits merupakan penemuan pertama di dunia Jari Tangan Bionik yang dijual secara umum.

Touch Bionics, perusahaan Inggris yang memenangkan penghargaan atas pembuatan tangan bionik ini membuat sebuah tiruan jari tangan yang diperuntukkan kepada para penyandang cacat. Para penyandang cacat karena jari tangnya diamputasi akibat berbagi hal dapat kembali melakukan aktifitas seperti menulis dan mengangkat gelas kemabali .

Prodigits digerkakan dengan beberapa motor listrik. Pengguna dapat mengerkkan jari-jari tangan bionik ini tanpa harus melalui proses operasi. Pada alat ini terdapat sensor-sensor yang dapat mengenali respon dari sisa-sisa jari atau otot yang tidak teramputasi dan kemudian diterjemahkan menjadi gerakan jari-jari bionik.

“Bahkan hal sederhana seperti memegang dan mengangkat segelas air untuk minum dari itu mustahil sebelumnya, tapi dengan Prodigits aku bisa melakukannya dengan mudah.” Kata Maria Antonia Iglesias, dari Spanyol yang mengalami amputasi jari-jarinya sejak 42 tahun yang lalu karena sebuah penyakit, akhirnya kembali merasa senang setelah mendapatkan jari tangan bionik ini.

Dilansir KabarIT dari Touchbionics, Prodigits  dijual dengan harga £ 35.000 sampai £ 45.000, yang meliputi biaya pemasangan, terapi okupasi dan kulit yang menutupi. Kebanyakan dari mereka yang menggunakan menggunakan uang pribadi untuk membeli Prodigits. Namun Touch Bionics mengatakan berharap agar dapat bekrja sama dengan dengan National Health Service di masa depan agar pembiayaannya lebih murah. MaSuk

About the Author

has written 436 stories on this site.

5 Comments on “Prodigits, Jari Tangan Bionik Untuk Para Penyandang Cacat”

  • boyscout_ wrote on 11 December, 2009, 10:15

    keren… makin majua ja dunia teknologi.. 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆

  • Bambang, Indonesia wrote on 13 December, 2009, 15:58

    mm….
    Kreatif + Dedikatif!
    tapi jangan terlalu mahal juga dunks…
    istilah orang jawa ” Nulong tapi mentung” artinya menolong tapi juga memukul (Menyakiti)

  • stevano wrote on 26 May, 2010, 19:46

    ada nggk yg cuma jari aja yg di jual ?
    mohon infonya .

  • tya derusti wrote on 27 June, 2010, 20:44

    kalau mau informasi lebih lanjut, tanya kemana yaa??? terimakasih…

  • tya derusti wrote on 27 June, 2010, 20:45

    ingin informasi lebih lanjut, hubungi siapa??? terimakasih

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

Isi dan komentar tanggung jawab masing masing pengirim. Gambar yang ditampilkan dalam artikel tidak selamanya mencerminkan isi artikel atau produk .Hanya dipakai sebagai Ilustrasi berita.





Web Security Made Easy         > | © 2009   > Hosted by : Web Developer Jogja | WebQilat |
2017 | kabarIT.com. All rights reserved.
KabarIT merupakan techno blog yang menyajikan informasi seputar IT yang hangat dan menarik. Isi dan komentar tanggung jawab masing-masing komentar. Selengkapnya...