My Location (beta), “GPS” Gratis Dari Maps Google for Mobile

GMM300m_540x717

Anda mungkin sudah terbiasa mendengar istilah Global Positioning System (GPS), yaitu sebuah alat yang dapat mendeteksi posisi dalam peta. Namun GPS bukan merupakan barang yang murah, perangkat GPS mencapai jutaan rupiah.

Namun anda jangan berkecil hati, sebuah aplikasi dari Google Maps dengan nama My Location (beta) atau Lokasiku (dalam bahasa Indonesia), memberikan aplikasi yang mirip dengan GPS pada phone cell anda. Aplikasi yang dapat anda download gratis di situs  Google Mobile ini, memberikan kemudahan anda dalam memperoleh letak posisi anda.

Berbeda dengan GPS yang menggunakan satelit, sistem kerja My Location menggunakan lokasi tower Base Transceiver Station (BTS) GSM. BTS-BTS operator telekomunikasi seluler anda yang tersebar diseluruh lokasi sudah memiliki posisi (garis lintang dan garis bujur) yang dikenali oleh Google Maps. Setiap phone cell anda memperoleh sinyal dari BTS, Google Maps akan mendeteksi anda dalam range sekitar BTS tersebut yang dipadukan dengan peta pada Google Maps. Dari sini posisi anda dapat diketahui dengan memadukan posisi BTS dan peta pada Google Maps. Posisi anda akan terdeteksi dengan tanda titik biru pada layar Google Maps for Mobile anda. Anda hanya membayar beban GPRS untuk memperoleh peta dari Google Maps.

mylocationbeta

Posisi anda berada dalam kurang lebih range 2000m dari BTS yang memancarkan sinyal pada phone cell anda. Walau akurasi posisi pada My Location belum maksimal karena menggunakan posisi BTS sebagai dasar posisi anda, namun aplikasi ini sudah cukup membantu mengetahui posisi anda pada sebuah daerah. Dari hasil percobaan, My Location memiliki akurasi yang cukup baik pada daerah perkotaan besar (Yogyakarta, Jakarta, Malang, Semarang, dll), atau jika anda berada di jalan-jalan penghubung utama provinsi.

My Location berada pada aplikasi Google Maps for Mobile yang berjalan pada Java, Blackberry, Windows Mobile, dan Nokia / Symbian. Ada beberapa fitur-fitur yang menarik di Google Maps for Mobile ini. My Location (Beta) ini akan terus dikembangkan untuk mendapatkan akurasi yang laebih baik.  Tidak ada salahnya jika anda mencoba aplikasi gratis dari Google ini. Anda cukup mengunjungi situs Google Mobile, dan kemudian memasukkan nomor telepon dan jenis phone cell anda.  Anda akan memperoleh sms pada phone cell anda yang berisikan link untuk mendownload Google Maps dari phone cell anda. MaSuk

About the Author

has written 749 stories on this site.

3 Comments on “My Location (beta), “GPS” Gratis Dari Maps Google for Mobile”

  • triyadi wrote on 30 December, 2009, 8:50

    google kembali memberikan layanan yang berkualitas dan yang pasti gratis.
    salut dan sukses buat google.

  • diding wrote on 3 January, 2010, 9:15

    Di hp android buatan google ada Navigasi gps gratis…lebih baik dr pd yang bayar lagi

  • huda manyar gresik wrote on 16 March, 2012, 12:47

    Fitur my location pada Google Maps for mobile bagus sekali bagi anda yg menginginkan posisi BTS Operator yg anda gunakan. Misal anda ingin menepatkan arah antenna Modem,tentu anda ingin arahnya sama dgn operator modem yg anda gunakan,lumayan membantu. Salut Google Maps for Mobile.

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

Isi dan komentar tanggung jawab masing masing pengirim. Gambar yang ditampilkan dalam artikel tidak selamanya mencerminkan isi artikel atau produk .Hanya dipakai sebagai Ilustrasi berita.





Web Security Made Easy         > | © 2009   > Hosted by : Web Developer Jogja | WebQilat |
2019 | kabarIT.com. All rights reserved.
KabarIT merupakan techno blog yang menyajikan informasi seputar IT yang hangat dan menarik. Isi dan komentar tanggung jawab masing-masing komentar. Selengkapnya...