SixthSense, Teknologi Digital bagai Indera Keenam

sixthsense14

Anda mungkin sering melihat film-film fiksi ilmiah yang menampilkan teknologi canggih dengan menggunakan jari-jari tangan untuk interaksi dengan layar komputer  dalam bentuk cahaya. Ternyata ini bukan hanya isapan jempol sutradara Hollywood, perusahaan pengembang software Pranav Mistry membuat sebuah alat yang disebut SixthSense.

SixthSense merupakan sebuah alat yang terdiri dari proyektor saku, cermin, kamera dan sensor pada jari. Proyektor menampilkan informasi ke didinding atau permukaan tangan anda dengan virtual. Dengan menggunakan jari tangan anda, anda dapat mengatur dan memanipulasi informasi tersebut. Anda dapat melakukannya dimana saja dan alat ini benar-benar 100% mobile.

Selama ini untuk kepentingan mobile, anda membawa kertas atau alat digital saku yang terbatas pada layar monitor. Dengan SixthSense, anda tidak perlu membutuhkan layar monitor, karena alat ini hanya membutuhkan permukaan dinding atau tangan anda sebagai monitor virtual. Dengan menggunakan kamera dan sensor yang berada di jari anda, kamera akan mendeteksi gerakan-gerakan jari anda untuk menghasilkan interaksi.

sixthsense02

Denagn alat ini, anda dapat mengambil foto dengan cara membuat frame dengan jari anda, maka kamera akan otomatis membuat gambar sesuai frame yang anda buat dengan jari anda. Foto-foto tersebut dapat anda atur sedemikian rupa (zoom in, zoom out, rotasi, dll) dengan menggunakan jari anda. Anda tidak lagi membutuhkan phone cell untuk menghubungi teman anda, dengan alat ini tombol-tombol nomor telepon dapat ditampilkan dalam bentuk visual pada telapak tangan anda. Anda dapat menekan tombol tersebut seperti layaknya tombol telepon.

sixthsense13

Interaksi dengan komputer dapat anda lakukan dimanapun seperti menggambar. Anda dapat menggambar “di dinding” dengan menggunakan jari anda. Bahkan alat ini terkoneksi dengan internet, anda dapat memproleh rekomendasi pilihan produk dengan membandingkan produk sejenis yang ada. Jika mendapat rekomendasi baik maka SixthSense akan menampilkan warna hijau, jika rekomendasi jelek maka SixthSense akan menampilkan warna merah.

Dikutip KabarIT dari Ostatic, Rencana alat ini akan dilepas dibawah lisensi Open Source, sehingga anda dapat membuat alat ini sendiri dan mengembangkannya. Anda dapat membangun alat ini dengan biaya sekitar $ 350. MaSuk

About the Author

has written 823 stories on this site.

2 Comments on “SixthSense, Teknologi Digital bagai Indera Keenam”

  • adhi dwi prabawa wrote on 10 November, 2009, 15:28

    trims. atas info barunya, ditunggu lagi berita-berita it lainnya.

  • iik azimah wrote on 25 June, 2010, 16:54

    💡 teklogi that has developed in hope to spread more widely, and may be more beneficial for the people, with good quality and reasonable price
    and it can help other poor countries!
    without any extra cost!
    🙄

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

Isi dan komentar tanggung jawab masing masing pengirim. Gambar yang ditampilkan dalam artikel tidak selamanya mencerminkan isi artikel atau produk .Hanya dipakai sebagai Ilustrasi berita.





Web Security Made Easy         > | © 2009   > Hosted by : Web Developer Jogja | MDU MariaDB Community |
2019 | kabarIT.com. All rights reserved.
KabarIT merupakan techno blog yang menyajikan informasi seputar IT yang hangat dan menarik. Isi dan komentar tanggung jawab masing-masing komentar. Selengkapnya...