Kamera Sebagai Alat Bantu Ingatan untuk Pasien Penderita Amnesia Parah

senseCam

Bagi para pasien yang memiliki penyakit lupa ingatan seperti Amnesia atau penyakit Alzheimer, akan segera terbantu dengan sebuah penemuan kamera yang disebut dengan SenseCam.

“SenseCam membantu pasien untuk mengingat sesuatu walau sepotong-sepotong, ini lebih baik daripada menciptakan memori baru” kata Dr Emma Berry, neuropsikolog klinis, yang telah bekerja sama dengan pasien kehilangan memori menggunakan kamera ini.

Dilansir KabarIT dari CNN, SenseCam merupakan sebuah kamera kecil dengan resolusi rendah (sekitar 1/3 Mega Pixel). Kamera ini menggunakan sebuah lensa Fish Eye dengen kecepatan pengambilan gambar 2 frame per menit. Kamera ini digunakan para pasien untuk meningat kejadian-kejadian dalam keseharian. Walau tidak memiliki kulaitas yang tinggi, hasil foto yang didapatkan sudah cukup untuk menjadi kunci mendorong otak mengingat kejadian-kejadian keseharian.

Program penelitian ini juga bekerjasama dengan Microsoft Research untuk melakukan uji klinis.

Alat ini telah diuji kepada seorang pasien wanita yang memiliki penyakit amnesia parah. Dengan menggunakan kamera ini, secara berkala sang pasien melihat foto-foto pada kamera untuk memicu daya ingatnya. Walau sepotong-sepotong foto yang ada berada pada SenseCam, sang pasien dapat menceritakan kembali kejadian-kejadian yang tidak berada pada kamera ini.

sensecam-pic

Alat ini juga diujikan kepada para penderita Alzheimer. Alzheimer merupakan penyakit penurunan fungsi saraf otak yang kompleks dan progresif yang di sebabkan karena berkurangnya gizi di otak. Pengidap penyakit ini biasanya memiliki kecenderungan memiliki daya ingat yang rendah bahkan tidak bisa mengontrol dirinya sendiri. Hasil penelitian dengan menggunakan SenseCam, penderita Alzheimer memiliki kemajuan klinis dengan dapat menceritakan kejadian-kejadian 3 bulan yang lalu tanpa menggunakan SenseCam lagi.

Kamera ini memiliki memory sebesar 1GB, dengan  kualitas foto yang rendah, kamera ini dapat menyimpan 30.000 file foto. Juga dilengkapi sensor yang tertanam seperti infra-merah, panas, denyut jantung dan tekanan darah untuk merekam data pemantauan kesehatan. Walau belum resmi dijual, diharapkan SenseCam dijual dengan harga $ 800. MaSuk

About the Author

has written 793 stories on this site.

One Comment on “Kamera Sebagai Alat Bantu Ingatan untuk Pasien Penderita Amnesia Parah”

  • nia wrote on 9 November, 2009, 10:22

    klo buat orang pikun mantep jg ya…
    🙄 😉

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

Isi dan komentar tanggung jawab masing masing pengirim. Gambar yang ditampilkan dalam artikel tidak selamanya mencerminkan isi artikel atau produk .Hanya dipakai sebagai Ilustrasi berita.





Web Security Made Easy         > | © 2009   > Hosted by : Web Developer Jogja | WebQilat |
2019 | kabarIT.com. All rights reserved.
KabarIT merupakan techno blog yang menyajikan informasi seputar IT yang hangat dan menarik. Isi dan komentar tanggung jawab masing-masing komentar. Selengkapnya...