Honda Mobility Devices, Alat Bantu Gerak Canggih

honda-mobility-1280-41

honda-mobility-1280-09Asimo robot humanoid buatan Honda baru-baru ini menjadi inspirasi para peneliti di Honda untuk membuat alat bantu bergerak bagi manusia. Ide ini berdasarkan kemampuan gerak Asimo yang dapat digunakan untuk manusia bergerak.

Dikutip dari green.autoblog, para peneliti Honda yang berada di Fundamental Technology Research Center meneliti beberapa permasalah mobilitas yang tidak hanya sekedar berkendara. Mobilitas manusia yang umum seperti berjalan memiliki beberapa permasalahan seperti masalah kelelahan dalam bergerak. Dari sinilah para peneliti membuat beberpa alat yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah tersebut.

Yang pertama adalah UX-3, alat ini seperti sepeda kecil dengan satu roda. Alat ini dapat menyeimbangkan diri dan bergerak berdasarkan kemiringan yang diatur oleh pengendara. Alat ini didesain khusus untuk mobilitas di kantor yang memiliki jalan-jalan sempit. Terdapat beberapa motor yang dapat menggerakkan alat ini ke depan dan ke samping.

Selanjutnya adalah alat yang membantu gerak otot manusia. Dengan menggunakan alat ini sebuah alat dipasang pada pinggul sampai paha manusia. Alat ini menggunakan sepasang motor di pinggul untuk membantu gerak kaki manusia, sehingga seseorang menguragi keluarnya tenaga padasaat berjalan atau bergerak. Anda dapat merasakan usaha yang diperlukan berkurang saat bergerak menaiki tangga atau lereng.

Honda juga membuat sebuah alat yang bentuknya cukup aneh dengan pelana yang dapat diduduki namun tetap bergerak dan bertumpu pada kaki  anda. Ide dasar alat ini adalah membantu kaki dalam menopang berat badan. Dengan alat ini pengguna dapat menghemat tenaga sekitar 20% untuk berjalan.

Alat-alat ini direncanakan juga digunakan untuk membantu pada penyandang cacat. Namun nampaknya Honda belum merencanakan menjual alat ini secara bebas pada waktu dekat.MaSuk


About the Author

has written 823 stories on this site.

3 Comments on “Honda Mobility Devices, Alat Bantu Gerak Canggih”

  • Galuh Ristyanto wrote on 24 October, 2009, 10:49

    Klo dah serba teknologi takutnya ntar manusia bergantung ma teknologi. Gak mau berusaha sendiri. 😐

  • muqit wrote on 25 October, 2009, 21:54

    Beoteol iteo 🙄 🙄

    Jngan entar otak kieota jang dganti ma otak robot 👿 👿 👿
    weleh2

  • MR.$$$ wrote on 13 November, 2009, 11:13

    cocok nya buat orang cacat tuh…..sumbangin aja sama orang yg cacat…. :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

Isi dan komentar tanggung jawab masing masing pengirim. Gambar yang ditampilkan dalam artikel tidak selamanya mencerminkan isi artikel atau produk .Hanya dipakai sebagai Ilustrasi berita.





Web Security Made Easy         > | © 2009   > Hosted by : Web Developer Jogja | MDU MariaDB Community |
2019 | kabarIT.com. All rights reserved.
KabarIT merupakan techno blog yang menyajikan informasi seputar IT yang hangat dan menarik. Isi dan komentar tanggung jawab masing-masing komentar. Selengkapnya...