Baterai Nuklir, Kecil dan Lebih Berenergi

mizzou-battery-nuclearSeiring dengan trend perangkat mobile, kebutuhan baterai sangat diperlukan. Kebutuhan ketahanan dan kepraktisan perangkat semakin di cari. Jika sebuah perangkat mobile menggunakan baterai yang tahan lama, maka konsekwensinya baterai pada perangkat tersebut semakin berat. Bahkan kebanyakan perngkat mobile, berat baterai lebih berat dari pada perangkat itu sendiri.

Untuk mengatasi masalah ini para peneliti University of Missouri (MU) mengembangkan perangkat penyimpan energi yang lebih kecil dan praktis dengan menggunakan teknologi Nuklir.

Dilansir KabarIT dari munews.missouri.edu, Jae Kwon, asisten profesor teknik listrik dan komputer di MU mengatakan “Untuk memberikan daya yang cukup, kita perlu metode-metode tertentu dengan kepadatan energi yang tinggi, baterai radioisotop dapat menyediakan densitas daya enam kali lipat lebih tinggi daripada baterai kimia.”

Orang sering berparsangka negatif dengan keamanan nuklir sebagai sumber energi. Namun para peneliti dari MU mengatakan teknologi baterai nuklir ini aman. Kwon telah berkolaborasi dengan J. David Robertson, profesor kimia dan Direktur Asosiasi Riset MU Reactor, dan bekerja untuk membangun dan menguji baterai di fasilitas itu.

Di masa depan para peneliti ini akan meningkatkan daya baterai dengan memperkecil ukurannya. Sementara ini baterai nuklir yang dibuat memiliki ukuran dan ketebalan seperti sebuah koin uang 1 sen. Para peneliti ini sedang mengembangkan ukuran yang lebih kecil dengan ukuran setebal sehelai rambut. MaSuk

About the Author

has written 749 stories on this site.

7 Comments on “Baterai Nuklir, Kecil dan Lebih Berenergi”

  • RIYAN wrote on 12 October, 2009, 14:05

    WAOOWWW……BGUSSS BGEEETTT…AK SNGAT SETUJU DG HAL INI……..KARENA BATERAI SKRNG KWALITASNA -MEMENUHI KBTHAN……….GO NUKLIR 💡

  • afdil wrote on 13 October, 2009, 14:52

    energi nuklir berbahaya? BATAN harus bekerja keras untuk sosisalisasi nuklir tentang mamfaatnya. GO NUKLIR

  • masa wrote on 13 October, 2009, 17:11

    kalau barang nuklir mini rusak dirembuk, disentuh bakal gak penyakit akibat bahan radiasi? diuji dong dulu akibat kerusakan/pecah2an sebelum dipasarkan umum

  • Jual beli di Dinomarket wrote on 13 October, 2009, 19:34

    hebat bener neh..

  • Wahyu wrote on 13 October, 2009, 22:09

    GO Nuklir…………………………….. memanfaatkn Nuklir… memang Hebat… 💡

  • febri kullpanx wrote on 17 October, 2009, 8:30

    smoga teknologi nuklir bisa menjadi alternatif yang bisa dihandalkan,,,,,, 😆

  • diky, Nganjuk wrote on 6 April, 2012, 13:55

    tapi kalo bocor bahaya radiasi 

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

Isi dan komentar tanggung jawab masing masing pengirim. Gambar yang ditampilkan dalam artikel tidak selamanya mencerminkan isi artikel atau produk .Hanya dipakai sebagai Ilustrasi berita.





Web Security Made Easy         > | © 2009   > Hosted by : Web Developer Jogja | WebQilat |
2019 | kabarIT.com. All rights reserved.
KabarIT merupakan techno blog yang menyajikan informasi seputar IT yang hangat dan menarik. Isi dan komentar tanggung jawab masing-masing komentar. Selengkapnya...